Hard News

Ratusan Siswa Yayasan Al Firdaus Galang Donasi untuk Saudara Muslim di Gaza Palestina

Jateng & DIY

18 Mei 2019 14:02 WIB

Penggalangan donasi siswa Al Firdaus untuk saudara Muslim yang berada di Gaza, Palestina.

SOLO, solotrust.com – Yayasan Pendidikan Al Firdaus menggalang donasi untuk kebutuhan pangan saudara Muslim di Gaza, Palestina. Total donasi yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp 47.341.500.

Penggalangan donasi melibatkan 974 siswa Al Firdaus mulai tingkat preschool hingga SMA. Kegiatan penggalangan donasi dilakukan di dua lokasi yang berbeda pada Jumat (17/5/2019), yakni untuk TK dan SD di lingkungan sekolah Al Firdaus Jalan Yosodipuro, Punggawaan, Banjarsari. Sementara bagi SMP dan SMA berlokasi di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.



”Kita menggalakkan donasi dari TK, SD, SMP, SMA, sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara Muslim Palestina, informasinya 1 bulan ini terakhir ini Badan Pengungsi Palestina mengalami krisis dana untuk kebutuhan pangan di Palestina, jadi kita tergerak membuat aksi ini untuk membantu mereka di sana, digabung dengan Infaq guru dan karyawan," kata Koordinator Acara Ema Yuliani Utami kepada solotrust.com.

Selain penggalangan donasi, acara terlebih dahulu diawali dengan doa bersama dan Salat Goib untuk mendoakan arwah saudara Muslim di Gaza yang terkena serangan saat awal bulan Ramadan. Tak hanya itu, siswa juga menyampaikan jeritan hati melalui pembacaan puisi karya Taufiq Ismail berjudul Palestina.

"Kita juga gelar doa bersama untuk keselamatan mereka, ini kan juga bulan Ramadan, kita berdoa mereka diberikan kemudahan untuk beribadah. Selain itu, juga menggelar Salat Goib berjamaah untuk para korban di awal Ramadan ada serangan secara massif di Gaza yang menimbulkan banyak korban jiwa," bebernya.

Ema menuturkan, donasi itu bakal disalurkan ke Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan diserahkan saat acara Gathering Ifthar bersama Al Firdaus World Class Islamic School pada selasa (21/5/2019).

Dalam kegiatan itu akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti buka bersama dan talk show yang menghadirkan Syeikh asal Palestina bernama Muhammad Hamouda, yang merupakan seorang Hafidz Quran University of Gaza. Syeikh Muhammad Hamouda bakal menceritakan mengenai kondisi terkini di Gaza, serta kebutuhan apa saja yang diperlukan di Gaza.

"Kehadiran syeikh ke Indonesia untuk menggalang donasi bagi anak-anak di Gaza, Palestina," tuturnya.

Bukan kali pertama Yayasan Pendidikan Al Firdaus menggalakkan aksi sosial kemanusiaan. Beberapa waktu ke belakang, yayasan yang berkiblat pada ajaran Muslim itu juga menggalang donasi untuk bencana alam Palu dan Donggala, Pray For Gaza 2014, Pray For Muslim Rohingya.

"Kita ajarkan anak-anak care menyayangi sesama Muslim dan berkontribusi unruk masyarakat luas. Sebagaimana amalan nilai-nilai keislaman yang ditanamkan yayasan, Muslim berjiwa sosial, semangat damai, semangat saling berbagi, kita tunjukkan agar agama ini dikenal sebagai agama yang damai," terangnya

Diharapkan melalui pelibatan siswa terhadap aksi-aksi sosial dapat menumbuhkan semangat anak untuk memperjuangkan agama dan bermanfaat bagi sesama.

"Hasil dari donasinya nanti untuk kebutuhan pangan, dan tidak menutup kemungkinan untuk membangun sekolah darurat, concern kita kan lebih kepada pendidikan untuk anak-anak," pungkasnya. (adr)

(wd)