Kamis , 22 Agustus 2019

Cegah Masuknya Cacar Monyet, Penumpang di Bandara Ahmad Yani Diperiksa

16 Mei 2019 15:57 WIB


Petugas tengah memeriksa suhu badan salah satu penumpang di Bandara Ahmad Yani, Semarang dengan menggunakan thermometer infrared. (solotrust.com/vit)

SEMARANG, solotrust.com- Upaya mencegah virus cacar monyet (monkeypox), Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap penumpang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis (16/5/2019).  

Satu- persatu penumpang diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan alat thermometer infrared. Jika dinyatakan suhu tubuh aman oleh petugas, penumpang dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanannya.  



Kasi Pengendalian Karantina dan Survelian Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Badar Kirwono mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan secara manual untuk memastikan penumpang terbebas dari virus cacar monyet.  

“Pemeriksan orang perseorang dengan memindai suhu, jadi siapapun yang turun di Bandara Ahmad Yani maupun yang masuk Tanjung Emas kita pidai suhu.” Jelas Badar.

Pemeriksaan suhu tubuh ini di lakukan terutama bagi penumpang yang masuk  dari Singapura. Agar efektif, Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang menyiapkan 10 alat thermometer infrared untuk memindai penumpang.  

Jika suhu tubuh ada yang lebih 38 derajat celcius, maka akan dilakukan observasi dan dibawa ke rumah sakit. Masa inkubasi monkeypox cukup lama, 5 sampai 21 hari sehingga tidak langsung terlihat saat terinfeksi. (vit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »