Serba serbi

Ditemukan Penderita Monkeypox di Singapura, Begini Kondisinya

Olahraga

13 Mei 2019 19:31 WIB

Penderita penyakit monkeypox.

JAKARTA - Seorang laki-laki, 38 tahun, asal Nigeria, positif menderita penyakit monkeypox. Kasus ini menjadi yang pertama kali terjadi di Singapura dan dengan cepat menjadi viral.

Dikutip dari punchng.com, Minggu (12/5/2019), identitas pasien tersebut tidak dipublikasi. Dia saat ini sudah berada di sebuah ruang isolasi di Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura. Pasien dalam kondisi stabil.



Sebelumnya pada Kamis (9/5/2019), Kementerian Kesehatan Singapura mengkonfirmasi adanya kasus penyakit monkeypox. Kementerian Kesehatan telah mengidentifikasi 23 orang yang berinteraksi dengan pasien dan mereka semua sekarang berada dalam karantina.

Kementerian Kesehatan Singapura menekankan penyebaran penyakit monkeypox di masyarakat Singapura masih rendah. Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam situsnya menggambarkan penyakit monkeypox atau cacar monyet disebabkan oleh orthopoxvirus dan bisa menular.

Penyakit ini mirip dengan mereka yang pernah melihat pasien penderita cacar, hanya saja monkeypox  ukurannya lebih besar. Penderita monkeypox biasanya akan mengalami gejala demam, sakit kepala, pembekuan kelenjar getah bening, nyeri punggung dan nyeri otot.

WHO menyebut penyakit cacar sudah dinyatakan diberantas pada 1980. Sedangkan monkeypox adalah sebuah endemik di desa-desa di wilayah Afrika barat dan Afrika tengah. #teras.id

()