Hard News

Usai Pleno Tingkat Kota, KPU Surakarta Kirim Logistik Pemilu ke Provinsi

Jateng & DIY

6 Mei 2019 20:25 WIB

Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti.

SOLO, solotrust.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kota pada Senin (6/5/2019).

Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti mengatakan, paling lambat Selasa (6/5/2019) logistik Pemilu 2019 Kota Surakarta dikirim ke tingkat provinsi. Pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kepolisian daerah setempat.



"Akan kami koordinasikan dulu dengan kepolisian dan juga Bawaslu, karena harus dikawal untuk pengamanan. Kalau kita siap hari ini atau besok paling lambat besok Selasa jam 10 pagi kita kirim," kata Nurul kepada solotrust.com di sela pleno di The Sunan Hotel, Solo, Senin (6/5)2019)

Sementara itu, Ketua Bawaslu Surakarta, Budi Wahyono menyampaikan bila pihaknya siap mengawal pengiriman kotak suara logistik pemilu ke KPU Provinsi. Hal itu merupakan prosedur tetap Bawaslu Kota Surakarta untuk mengawal pergerakan kotak suara dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga tingkat Provinsi dalam penghitungan manual berjenjang sesuai tahapan KPU RI.

"Sesuai protap kami akan mendampingi dan mengawal pergerakan kotak suara dari TPS, PPK, kota sampai ke provinsi, besok kita kirim ke KPU provinsi dan kita pastikan dalam keadaan tersegel semua," kata Budi. (adr)

(wd)