Sabtu , 7 Desember 2019

Kemenag Putuskan 1 Ramadan Jatuh Pada Senin Besok

5 Mei 2019 20:48 WIB


Menag Lukman sedang pimpin Sidang Isbat Awal Ramadan 1440H. (dok. Kemenag)

JAKARTA, solotrust.com- Kementerian Agama melalui Sidang Isbat memutuskan 1 Ramadan 1440H jatuh pada Senin (6/5/2019). Sidang isbat yang rutin dilaksanakan Kemenag untuk menentukan awal  Ramadan, Syawal dan Dzulhijah merupakan implementasi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004.

Penjelasan ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memimpin Sidang Isbat Awal Ramadan 1440H di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln MH Thamrin, Jakarta. Lebih lanjut Menag menerangkan, Fatwa MUI tersebut menyatakan penetapan awal Ramadan, Syawal dan  Dzulhijjah itu menjadi wewenang kementerian agama dengan menggunakan dua metode, yakni metode hisab dan rukyat.



“Hisab dan rukyat penting dilakukan untuk memberikan pandangan sebelum akhirnya mengambil keputusan dalam sidang,” kata Menag, Minggu (5/5), seperti dilansir dari laman resmi Kemenag.

Menag yang didampingi Wakil Ketua MUI Abdullah Zaidi dan Ketua Komisi VIII Ali Taher menyampaikan bahwa kedua metode tersebut tidak semestinya dipertentangkan. Sebaliknya, dua metode tersebut bersifat saling melengkapi dan saling menyempurnakan.

“Karena rukyat memerlukan hisab, dan hisab pun perlu disempurnakan melalui rukyat. Jadi kalau hisab itu sifatnya informatif, maka rukyat adalah upaya kita untuk melakukan konfirmasi dari informasi yang kita dapat,” jelas Menag.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com