Hard News

Prihatin Mendidik Anak, Istri Bupati Wonogiri Luncurkan Buku Pintar

Jateng & DIY

3 Mei 2019 17:09 WIB

Launching buku Membangun Keluarga 4 W 5 Sempurna.

WONOGIRI, solotrust.com- Prihatin dengan kondisi lingkungan sosial terkhusus tentang pendidikan anak di Kabupaten Wonogiri, istri Bupati Wonogiri Verawati Joko Sutopo me-launching buku karyanya yang berjudul “Membangun Keluarga 4 W 5 Sempurna” di aula SKB Wonogiri, Jumat (3/5/2019).  

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Anggota DPR RI Bambang Patjul, sejumlah anggota DPRD Wonogiri beserta sejumlah tokoh masyarakat dan pegiat literasi di Wonogiri. 



Verawati menjelaskan, konsep 4 W 5 Sempurna berangkat dari ajaran dalam budaya Jawa tentang apa yang harus dilakukan orangtua supaya keluarganya sejahtera.  

“Konsep itu dibawa ke masyarakat untuk mengingatkan mereka kembali akan arti penting sebuah keluarga.” Ungkapnya.

Mengapa diingatkan? menurut Verawati hal itu dikarenakan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya akan tetap layak dan selaras sampai kapan pun, dalam rangka mewujudkan keluarga yang bahagia. Verawati  juga menjabarkan menjabarkan yang dimaksud 4 W adalah wareg, waras, wasis, wanggon dan waskita.  

Dalam kesempatan yang sama, Joko Sutopo yang juga suami Verawati menuturkan, bahwa lahirnya buku yang ditulis istrinya tersebut berawal dari sebuah keresahan. Joko menandaskan jika istrinya tahu persis rumah tangga yang ideal, namun itu sulit diterapkan di rumah tangga yang dibangunnya untuk saat ini.

”Karena dirinya harus merampungkan tugas tugas saya sebagai bupati dan juga tugas tugas sebagai ketua partai. Keresahan itu akhirnya dilampiaskan dalam bentuk tulisan, dan lahirlah buku  “membangun keluarga 4 w 5 sempurna”. papar bupati.  

Selain melaunching karya bukunya, sejumlah tamu undangan turut membedah buku karya Verawati Joko Sutopo, diantaranya Muchus BR pemimpin redaksi detik.com biro Jateng-DIY, Gatot dan Agus Widhartono jurnalis yang juga editor buku. (noto) 

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya