Sabtu , 20 Juli 2019

HMP Kimia Kovalen UNS Mengadakan Serangkaian Kegiatan Bakti Sosial di Desa Ngebung

3 Mei 2019 15:38 WIB


Bakti Sosial HMP Kimia Kovalen UNSdi Desa Ngebung.

SRAGEN, solotrust.com- Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program (HMP) Kimia Kovalen UNS mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) Kovalen Care VII di Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Sabtu - Minggu (27-28/4/ 2019).

Baksos KovCare VII dilaksanakan dari Sabtu sampai Minggu dengan berbagai rangkaian kegiatan, yaitu pembagian sembako dan alat mandi gratis, penyuluhan yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan pengobatan gratis, bazar pakaian murah dan lomba TPA pada hari Minggu. Kegiatan yang sebagian besar terpusat di Balai Desa Ngebung ini di ikuti oleh 113 panitia dan warga setempat. Untuk lomba TPA sendiri dilaksanakan terpisah di Masjid Al Ikhlas, Dukuh Bubak, Desa Ngebung.



Warga setempat sangat antusias mengikuti kegiatan baksos KovCare VII ini. Pada Sabtu jam 13.00 WIB  dilaksanakan pembagian sembako dan alat mandi gratis, kegiatan ini ditujukan bagi warga yang kurang mampu. Warga yang telah mendapat kupon dapat menerima sembako dan alat mandi gratis dengan menunjukkan kupon. Setelah itu dilanjutkan kegiatan penyuluhan dengan judul “Pengelolaan Sampah melalui Pendirian Bank Sampah” diikuti sedikitnya 60 warga masyarakat Desa Ngebung. Dalam penyuluhan tersebut warga masyarakat diberikan info-info dan ilmu tentang pengelolaan sampah dengan cara mendirikan bank sampah.

Pembicara yang menyampaikan materi penyuluhan dari dosen prodi pendidikan kimia sebanyak 2 orang. Pada hari minggu dilaksanakan bazar pakaian murah, warga bisa membeli pakaian layak pakai yang dijual mulai dari harga Rp 1.000 sampai Rp 15 ribu, terdapat juga pengobatan gratis, dalam pengobatan gratis ini warga mendapat fasilitas cek kesehatan dan obat secara gratis.

Pada siang harinya dilanjutkan kegiatan lomba TPA. Di tempat lain, lomba TPA diadakan di Masjid yang diikuti oleh 25 anak – anak TPA. Ada 3 lomba yang dilaksanakan, yaitu mewarnai kaligrafi, sambung ayat dan lomba sholat.

Ketua umum HMP Kimia Kovalen, Ivan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar.

“Dalam baksos KovCare VII ini harapannya kita sebagai mahasiswa dapat membantu meringankan masyarakat dan memiliki rasa kepedulian kepada sesama,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Ngebung, Supardi menyampaikan banyak terima kasih kepada mahasiswa UNS yang telah mengadakan kegiatan ini.

“Kami pihak desa mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membantu warga desa kita dan mengapresiasi kegiatan ini, harapannya kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya dan akan lebih baik lagi,” ucapnya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com