Rabu , 18 September 2019

Kerjasama dengan Kominfo, Shopee Latih Pelaku UMKM Solo Sukses Berbisnis Online

18 November 2017 08:48 WIB


Shopee gelar edukasi bisnis online di Solo Technopark. (solotrust.com/mia)

SOLO, solotrust.com - Salah satu perusahaan e-commerce populer di Indonesia, Shopee menggelar edukasi bisnis online di Solo Technopark, Kentingan, Jebres pada Jumat (17/11/2017). Acara tersebut diikuti oleh 150-an UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang ada di Solo. Menariknya, beberapa pelaku UMKM yang hadir berasal dari kalangan generasi muda.

"Kalo coverage yang kita hitung dalam persen, kayak 60 dan 40 persen. Yang 60 persen, mereka yang memang serius ingin berjualan. Yang 40 persen, mereka memang rata-rata



muda dengan usia 20-30 tahun," kata Andi, Senior Marketing Analyst Shopee.

Dalam acara tersebut, Shopee membekali para pengusaha lokal bagaimana cara sukses membangun bisnis online. Para peserta pun terlihat antusias dan aktif mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Adapun acara tersebut diselenggarakan untuk mendukung program UMKM Go Online yang diusung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang merefleksikan sinergi positif antara pemerintah, pelaku industri dan UMKM.

"Kita bekerja sama dengan Kominfo untuk membuat UMKM-UMKM lokal memasuki ranah online. Jadi kita membantu teman-teman untuk berjualan bersama Shopee," terangnya.

Shopee sendiri sudah secara konsisten melaksanakan program-program pengembangan pengusaha lokal, di antaranya edukasi bisnis dalam Roadshow Kampus Shopee yang telah dimulai sejak awal tahun. Ada juga Ngupee Shopee yang secara rutin dilaksanakan setiap minggunya sebagai wadah berbagi informasi dan informasi bagi pengusaha lokal.

"Kita punya komunitas namanya Kampus Shopee Solo, dan itu banyak banget temen-temen seller kita setiap dua minggu sekali mengadakan acara Ngupee, ngumpul-ngumpul penjual Shopee. Yang datang sekitar 150-an seller," ungkap Andi.

Selain kota Solo, Shopee juga menggelar roadshow UMKM secara serentak di beberapa kota lainnya, yaitu Malang, Batam dan Lombok Timur. Program ini diharapkan dapat

menginspirasi pengusaha lokal untuk dapat secara kreatif meningkatkan daya saing bisnisnya melalui wadah digital.

 

(mia-Wd)

(Redaksi Solotrust)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com