Pend & Budaya

Hari ini Unisri Gelar Job Fair Diikuti Puluhan Perusahaan Besar

Pend & Budaya

02 Mei 2019 05:00 WIB

Suasana Job Fair yang diadakan Universitas Slamet Riyadi.

SOLO, solotrust.com - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-39, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Job Fair bagi masyarakat umum di Auditorium kampus setempat, Kadipiro, Banjarsari, Solo, pada Kamis dan Jumat (2-3/5/2019). Unisri menargetkan 3.000 kunjungan pencari kerja.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri Surakarta, Sutoyo, Job Fair sudah menjadi agenda tahunan di Unisri untuk memberikan akses bagi lulusan dalam mencari pekerjaan, dan mempercepat waktu kerja lulusan.



"Sebagai Perguruan Tinggi yang masuk 100 besar di Indonesia, Job Fair merupakan bagian program yang wajib kami laksanakan. Job fair menjadi upaya percepatan masa tunggu kerja yang dari 3 tahun terkahir ini rata-rata selama 4- 6 bulan," kata Sutoyo dalam jumpa pers di Ruang Sidang Unisri Surakarta, Selasa (30/4/2019).

Penyelenggaraan Job Fair Unisri diharapkan memberikan dampak signifikan pada para pencari kerja khususnya alumni kampus. Meski diakuinya belum ada data pasti persentase lulusan yang mendapatkan pekerjaan melalui job fair serta apakah sesuai dengan kompetensi ilmu dan ciri khas lulusan Unisri.

"Banyak alumni yang memberikan apresiasi pada penyelenggaraan Job Fair Unisri, karena jelas bermanfaat bagi pencari kerja, namun presentase alumni Unisri yang terekrut melalui program ini belum kami teliti, ke depan akan kami lakukan, tapi yang jelas dari alumni merasa senang adanya job fair," ucap dia.

Job Fair ke-4 Unisri diikuti puluhan perusahaan yang membuka peluang kerja bagi mayoritas lulusan Strata 1, baik dari BUMN maupun perusahaan swasta diantarnya PT Asuransi Jiwasraya,  PT Permodalan Nasional Madani, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, PT. Indomarco Prismatama BNP2TKI hingga Ruang Guru.

"Target kami 40 perusahaan, dan sudah terdaftar 37 perusahaan. Kami menyelenggarakam Job Fair satu tahun sekali, harapannya dua tahun sekali tapi belum terealisasi karena masih ada beberapa kendala teknis," katanya.

Selain itu, pihak kampus juga memberikan kesempatan dan fasilitas kepada perusahaan peserta job fair untuk menggelar walk in interview rekruitmen hingga tanggal 5 Mei 2019.

"Pada tanggal 2-5 Mei itu ada perusahaan yang langsung melaksanakan wawancara di Unisri, kami siapkan dua tempat untuk wawancara, salah satunya ada perusahaan kelapa sawit dari Kalimantan," ujarnya.

Selain pembukaan Job Fair, dalam agenda Dies Natalis ke-39, secara bersamaan pada 2 Mei 2019 juga diselenggarakan Upacara Hari Pendidikan Nasional, pembukaan Dies Natalis, dan pembukaan Unisri Mencari Bakat (UMB). (adr)

(wd)