Serba serbi

Adinda Larasati Dewi Jadi yang Tercepat di Festival Akuatik Indonesia

Olahraga

26 April 2019 15:32 WIB

Adinda Larasati Dewi.

JAKARTA, solotrust.com - Adinda Larasati Dewi menjadi perenang tercepat saat tampil di Festival Akuatik Indonesia 2019. Turun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu, Adinda mencatatkan waktu terbaik 1 menit 00,55 detik.

Catatan waktu itu sekaligus menjadi rekor nasional baru. Adinda memperbaiki catatan waktu atas namanya sendiri, yakni 1 menit 00,98 detik yang dicetak setahun lalu.



"Senang bisa perbaiki waktu dalam setahun ini," ucap perenang asal Jawa Timur itu di Stadion Akuatik, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Adinda menyatakan tak berpikir untuk mempertajam catatan waktunya di 100 meter gaya kupu-kupu. Sebab sebelumnya ia harus turun di nomor 400 meter gaya bebas. Di nomor itu ia juga menjadi yang paling cepat dengan raihan waktu 4 menit 18,79 detik. "Tak ada target (pecah rekor). Pokoknya perbaiki catatan waktu," tuturnya.

Ada dua hal yang mendorong Adinda bisa memperbaiki catatan waktu miliknya sendiri. Menurut dia, latihan daya tahan yang diberikan pelatih menjadi faktor penting. "Tiga bulan pertama latihannya fokus ke jarak jauh dan lawannya lelaki," ucapnya.

Selain itu, kondisi kolam pun ikut mempengaruhi penampilannya. Adinda menyatakan standar kolam di Stadion Akuatik Jakarta ikut membantu penampilannya. "Biasanya kan di kolam pendek lebih berat. Di sini (Stadion Akuatik) kolam lebih standar jadi maksimal," kata dia.

Kejuaraan Nasional Renang atau Festival Akuatik Indonesia 2019 digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta. Kejuaraan berlangsung selama empat hari, 25-28 April 2019. Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia menjadikan ajang tersebut sebagai seleksi menuju SEA Games 2019 dan Pekan Olahraga Nasional 2020. #teras.id

(wd)