Hard News

Presiden Dijadwalkan Lakukan Penerbangan Pertama NYIA Pekan Depan

Hard News

25 April 2019 14:20 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau NYIA di Kulon Progo, Rabu (24/4/2019). (solotrust-adam)

YOGYAKARTA, solotrust.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku tengah mengusulkan agar penerbangan pertama Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan.

“Kita sedang mengusulkan kepada Pak Presiden untuk mengadakan suatu penerbangan pertama yang dilakukan oleh Presiden di mana waktunya kita harapkan minggu depan,” ujar Menhub di sela peninjauan perkembangan pembangunan NYIA di Kulon Progo, Rabu (24/4/2019). Selain Menhub, turut hadir juga Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly.



Dari pemantauan kali ini, Menhub mengatakan fasilitas terminal penumpang NYIA saat ini secara total sudah rampung sekitar 20 persen, sedangkan di sisi runway sudah selesai terbangun 100 persen.

Menurutnya, runway NYIA memiliki kualifikasi paling baik di indonesia karena memiliki panjang 3.250 meter, lebar 75 meter, dan daya dukungnya sangat tinggi dan bisa didarati pesawat jenis terberat atau terbesar sekalipun, seperti Boeing 777 atau Airbus a380.

Sementara untuk kapasitas terminal paling tidak bisa 50 kali take off-landing per hari dengan 5.000 orang datang dan pergi. Menurutnya, bandara ini merupakan cerminan program pemerintah pusat untuk menciptakan destinasi empat Bali baru yakni Toba, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Mandalika.

Sebelumnya, sebuah pesawat kalibrasi milik Kementrian Perhubungan melakukan touch down atau pendaratan perdana di landasan NYIA pada Sabtu (20/4/2019). Pendaratan perdana itu dilakukan untuk melihat kesiapan landasan jelang uji coba pendaratan pesawat komersil. (adam)

(way)