Sabtu , 25 Mei 2019

Begini Respon BTS Terkait Wajib Militer

23 April 2019 13:26 WIB


BTS (Dok. Big Hit Entertainment).

Solotrust.com - BTS beberapa waktu lalu melakukan wawancara dengan CBS Sunday Morning dari Amerika Serikat, yang tayang pada Minggu (21/4/2019). Dalam kesempatan tersebut, BTS ditanyai tentang wajib militer yang belum mereka jalani.

Jin sebagai anggota tertua BTS pun menjawab, "Sebagai orang Korea, itu wajar. Dan suatu hari nanti ketika tugas memanggil, kami akan siap untuk menanggapi dan melakukan yang terbaik."



Terkait wajib militer untuk BTS, sebelumnya ada perdebatan tentang kemungkinan pembebasan mereka dari kewajiban tersebut karena prestasi yang telah mereka torehkan dalam bidang musik.

Hingga akhirnya, Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, Do Jong Hwan mengakhiri perdebatan tentang apakah para anggota BTS akan terbebas dari wajib militer pada 10 Oktober 2018.

 “Semua anggota BTS mengatakan bahwa mereka pasti akan mengikuti wajib militer,” kata Do sebagaimana dikabarkan The Korea Herald.

Do menambahkan, “Ini sangat memalukan dimana dilaporkan seolah-olah para anggota BTS mengecualikan diri mereka dari wajib militer. Padahal faktanya mereka ingin melakukan hal yang sebaliknya (ikut wajib militer).”

Perdebatan terkait apakah BTS akan menjalani wajib militer sendiri awalnya dipicu oleh seorang anggota parlemen dari partai oposisi kecil Bareunmirae yakni Ha Tae Kyung pada pada 25 Juli tahun lalu.

Ia kemudian menyarankan dalam pertemuan komite pertahanan nasional bahwa pencapaian luar biasa dalam industri budaya populer harusnya memenuhi syarat untuk pengecualian dalam wajib militer. 

Arguman yang ia sampaikan adalah keberhasilan BTS dalam memuncaki chart Billboard harusnya tidak dianggap kurang bernilai dari memenangkan kompetisi musik klasik internasional. Ia juga menyarankan untuk merevisi undang-undang yang ada, yang pertama disusun pada tahun 1973 dan terakhir diperbaharui pada tahun 2015.

Pada 25 September 2018, sebuah petisi online yang meminta BTS untuk bubar disampaikan via platform resmi kepresidenan Korea Selatan. Dalam petisi tersebut, mereka menanyakan apa yang sudah BTS perbuat sehingga bisa terbebas dari wajib militer. Fans BTS pun kemudian merespon dengan membuat petisi tandingan untuk tidak membubarkan BTS.

Meskipun BTS sudah pasti ikut wajib militer, namun Kementerian terkait tetap akan merancang solusi terkait aturan wajib militer. Menteri Do mengatakan bahwa kementerian pertahanan akan bekerjasama dengan kepala bidang kebudayaan dan seni untuk merancang solusi alternatif yang masuk akal bagi para seniman. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com