Kamis , 22 Agustus 2019

Sambut Hari Tari Sedunia, Mahasiswa ISI Berkolaborasi Lintas Karya Seni Kreatif

23 April 2019 14:37 WIB


Mahasiswa ISI Surakarta lintas prodi menampilkan aksi kreatif sambut Hari Tari Sedunia, di Boulevard ISI Surakarta, Senin (22/4/2019).

SOLO, solotrust.com - Dalam rangka menyambut Hari Tari Sedunia 2019 ke 13. Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar kolaborasi lintas karya seni.

Kolaborasi itu ditampilkan melalui pajangan karya ilustrasi beragam seni tari nusantara. Sedikitnya 70 karya ditampilkan oleh mahasiswa di di Boulevard Pendhapa Agung ISI Surakarta, Kentingan, Jebres, Senin (22/4/2018)



"Aksi kreatif ini dalam rangka pre- event menyambut peringatan Hari Tari Sedunia 2019 (World Dance Day) 24 Jam Menari yang ke 13 nanti," kata Koordinator Mahasiswa Nindra Aris Setya Budi kepada solotrust.com di sela acara.

Di samping itu, karya ini juga merupakan tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan semester II mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Angkatan 2018. Karya yang ditampilkan berupa ilustrasi mengenai beragam informasi seni tari tradisi nusantara seperti sejarah, busana, asesories, makna, jumlah penari dan cara menari, serta info pendukung lainnya.

Karya tersebut disajikan dalam bentuk print digital art paper ukuran A3 dengan posisi vertikal. Dosen Pengampu MK Ilustrasi Terapan Rendya Adi Kurniawan menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya diikuti mahasiswa prodi DKV saja melainkan berkolaborasi dengan Prodi Seni Tari, FSP (Fakultas Seni Pertunjukan) ISI Surakarta dari Mata kuliah Tari Alus, Semester II Angkatan 2018 yang diampu oleh Nuryanto juga turut menyemarakkan aksi kreatif ini.

"40-an penari kami hadirkan untuk menari serta merespon tubuh mereka diantara karya-karya ilustrasi terapan dari 70 jenis seni tari Nusantara yang dipajang," ungkap Rendya

Rendya bermaksud untuk mengaitkan semua bidang ilmu perkuliahan di ISI Surakarta menjadi sebuah kolaborasi materi mata kuliah yang dituangkan ke dalam sebuah karya kreatif.

"Event kolaborasi antara mahasiswa Prodi DKV FSRD dengan Prodi Seni Tari FSP ini sebagai event pertama kali dalam bentuk kolaborasi materi mata kuliah," kata dia.

Sementara itu, Dosen Pengampu MK Ilustrasi Terapan Basnendar Herry Prilosadoso berharap melalui aksi kreatif ini yang menjadi tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam mengolah ide gagasan kreatif lewat karya ilustrasi.

Menurut dia, konten karya ilustrasi yang beragam baik teknik manual, digital ataupun kombinasi keduanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mampu mengerti potensi seni tradisional berupa ragam seni tari di nusantara dapat disajikan dalam bentuk karya ilustrasi melalui teknik, aspek warna, lay out, tipografi, serta unsur Ilustrasi lainnya yang menarik agar semakin dikenal masyarakat.

"Selain itu, pre- event ini untuk menyambut dan menyemarakkan event besar tahunan, yaitu Hari Tari Sedunia 2019 yang akan diselenggarakan oleh civitas akademik dari ISI Surakarta, dimana acara ini akan digelar pada 29 - 30 April 2019 pukul 06.00 - 06.00 WIB," pungkas dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com