Serba serbi

BTS Puncaki Billboard 200 untuk Ketiga Kalinya dengan ‘Map of the Soul: Persona‘

Musik & Film

22 April 2019 15:13 WIB

BTS (Dok Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com - BTS untuk ketiga kalinya berhasil memuncaki Billboard 200 dengan album "Map of the Soul: Persona". Sebelumnya, grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan JungKook ini pernah memuncaki chart tersebut dengan album "Love Yourself: Tear" dan "Love Yourself: Answer".

Dikabarkan Billboard via lamannya, Minggu (21/4/2019) waktu setempat, BTS kembali memuncaki chart album terbesar di Amerika Serikat tersebut karena albumnya yang rilis 12 April itu terjual sebanyak 230.000 unit album setara untuk pekan yang berakhir tanggal 19 lalu. Data ini bersumber dari Nielsen Music.



Ini adalah jumlah terbesar yang pernah BTS peroleh di Billboard pada minggu pertamanya. Selain itu, sebanyak 196.000 unit dari penjualan tersebut bersumber dari album tradisional, yang juga merupakan minggu penjualan terbaik untuk BTS sejauh ini.

Billboard 200 adalah chart yang meranking album-album yang paling populer tiap minggu di Amerika Serikat. Chart ini didasarkan pada konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album setara. Unit album setara ini terdiri dari penjualan album tradisional, Track Equivalent Albums (TEA) atau album setara trek, dan Streaming Equivalent Albums (SEA) atau album setara streaming.

Penghitungan dari TEA adalah tiap 10 lagu yang diundah sama dengan 1 unit album. Sedangkan untuk SEA adalah tiap 1500 kali streaming sama dengan 1 unit album.

Untuk "Map of the Soul: Persona", rinciannya adalah 196.000 unit dari penjualan album tradisional, 8.000 unit dari TEA, dan 26.000 unit dari SEA. Angka 26.000 SEA sendiri berarti permintaan streaming untuk album ini mencapai 37,4 juta kali.

Grafik tanggal 27 April yang baru, di mana "Map of the Soul: Persona" masuk di No. 1 akan diposting secara penuh di situs web Billboard pada 23 April. (Lin)

(way)