Senin , 17 Mei 2021

Ini Fungsi Buoy yang Dipasang di Kawasan Gunung Anak Krakatau

22 April 2019 14:07 WIB


Buoy Merah Putih.

JAKARTA, solotrust.com- Tim teknis  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil pasang Buoy Merah Putih di kawasan Gunung Anak Krakatau.  

Ketua TIM Buoy Merah Putih BPPT Alfi Rusdiansyah mengatakan, sinyal Buoy yang berupa informasi data gelombang laut, telah terkirim secara real time ke Pusat Data Buoy Indonesia (PDBI) di BPPT.



"Untuk data dari Buoy Tsunami tersebut sudah terkirim dengan baik ke PDBI BPPT di Thamrin, jika keadaan normal maka Buoy akan mengirim data tiap 1 jam sekali sedangkan saat terjadi gejala tsunami, Buoy akan mengirim data tiap 15 detik," ungkap Alfi via pesan instan, Minggu, (14/4/2019) lalu dilansir dari laman resmi BPPT.

Untuk mencapai lokasi yang berada diantara Gunung Anak Krakatau dan Pulau Sertung lanjut Alfi, memerlukan waktu 16 jam dari pelabuhan Tanjung Priuk.

"Selama perjalanan tim melakukan pengecekan elektronik dan mekanik.  Sebelum pemasangan juga tim melakukan survey batimetri atau pemetaan dasar laut, guna menentukan lokasi OBU (sensor pendeteksi tsunami)  yang akan dipasang," paparnya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com