Hard News

Pesawat Kalibrasi Berhasil Mendarat di NYIA

Hard News

22 April 2019 09:57 WIB

Pesawat jenis Cesna milik Kementerian Perhubungan mendarat di landasan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Sabtu (20/4/2019).

KULONPROGO, solotrust.com- Sebuah pesawat kalibrasi milik Kementrian Perhubungan melakukan touch down atau pendaratan perdana di landasan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Sabtu (20/4/2019). Pendaratan perdana itu dilakukan untuk melihat kesiapan landasan jelang uji coba pendaratan pesawat komersil.

Dari kejauhan pesawat kalibrasi tersebut mengambil posisi pendaratan. Pesawat secara perlahan menurunkan ketinggian hingga akhirnya ban pesawat menyentuh landasan sepanjang 3.250 meter. Keberhasilan pendaratan pesawat kalibrasi ini disambut gembira oleh sejumlah pekerja dan petugas di proyek NYIA. Setelah uji coba dengan menggunakan pesawat kalibrasi ini berhasil, dalam waktu dekat ujicoba akan kembali dilakukan dengan menggunakan pesawat komersil.



Melansir dari Antara, juru bicara Proyek Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, uji coba pesawat kalibrasi dilakukan pada Sabtu petang dengan menggunakan pesawat jenis Cesna milik Kementerian Perhubungan.

"Uji coba teknis pernerbangan dengan pesawat kalibrasi berjalan sukses, baik saat mendarat maupun saat terbang," kata Agus.

Saat ini progres pembangunan minimum bandara sudah mencapai 98 persen. Masih kurangnya 2 persen tersbut diantaranya adalah terkait simulasi pengamanan, kalibrasi alat  navigasi, pengecekan alat komunakasi penerbangan, prosedur instrumen approach, instrumen departure dengan menentukan standart koordinat oleh airnav.  

 

(wd)