Selasa , 16 Juli 2019

Sejumlah Surat Suara di Sukoharjo Berlubang Saat Akan Dicoblos

18 April 2019 18:25 WIB


Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo (kiri) saat menunjukan surat suara yang ditemukan berlubang. (solotrust-nas)

SUKOHARJO, solotrust.com – Belasan surat suara di Kabupaten Sukoharjo ditemukan sudah berlubang saat akan dicoblos. Surat suara itu ditemukan di TPS 10 Desa Wironanggan, Kecamatan Kartasura.

Surat suara berlubang ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pemilih bernama Joko Wismo Waluyo. Saat itu ia akan melakukan pencoblosan namun setelah diamati ternyata surat suara tersebut sudah berlubang.



Untuk memastikannya, pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan pengecekan dengan disaksikan saksi dan pengawas pemilu. KPPS melakukan pemeriksaan mulai dari meraba hingga penerawangan dengan menggunakan senter.

Hasilnya ditemukan ada 13 surat suara yang berlubang. Surat suara berlubang ini ditemukan pada kedua pasangan paslon nomor urut 01 dan 02.

“Jadi setelah ditemukan laporan dari pemilih yang menemukan surat suara ada lubangnya tadi, inisiatif dari KPPS melakukan sortir,” kata Ketua KPPS TPS 10 Wironanggan Muh Farid Anshori.

Kita melakukan penerawangan khususnya surat suara presiden dengan menggunakan senter atau flash hp tadi. Dan ternyata ditemukan banyak, jadi totalnya ada 13 surat suara presiden yang adanya lubang sebesar lubang jarum,” imbuhnya.

Mendapatkan laporan adanya temuan 13 surat suara berlubang, Bawaslu Sukoharjo langsung melakukan koordinasi ke lokasi kejadian.

Dari laporan dan berdasarkan pengamatan langsung, dapat disimpulkan bahwa lubang surat suara yang dimaksud berasal sejak dari percetakan.

“Kami meminta PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) untuk melakukan laporan di form pengawasan,” jelas Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo. (nas)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com