Jumat , 19 April 2019

Sertijab Rektor UNS, Ravik Karsidi Berikan Wayang Lakon Pandu Jumeneng Nata ke Jamal Widodo

15 April 2019 18:23 WIB


Prof Jamal Wiwoho menerima wayang lakon Pandu Jumeneng Nata dari Prof Ravik Karsidi dalam Pisah Sambut Rektor UNS Periode 2015-2019 dan 2019-2023 di Gedung GPH Haryo Mataram UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Senin (15/4/2019).

SOLO, solotrust.com - Rektor UNS Periode 2015-2019 Prof Ravik Karsidi memberikan wayang lakon Pandu Jumeneng Nata kepada Rektor baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023 Prof Jamal Wiwoho. Penyerahan itu dilakukan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Gedung GPH Haryo Mataram UNS, Kentingan, Solo, pada Senin (15/4/2019).

Lakon Pandu Jumeneng Nata, diangkat UNS dalam acara pagelaran wayangan semalam suntuk memperingati Dies Natalis ke-43 UNS, Jumat (15/3/2019) lalu, dengan menghadirkan dalang kondang Ki Manteb Soedharsono.



"Sekarang saya juga ingin menyerahkan ini (wayang Pandu) kepada Pak Jamal, lakon Pandu Jumeneng Nata ini menggambarkan semangat UNS dalam meraih cita-citanya sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang besar. Harapannya Pak Jamal semakin mengangkat UNS lebih maju," kata Ravik saat hendak menyerahkan wayang itu.

Dalam sambutannya, Ravik yang telah mengemban tugas menjadi Rektor UNS selama dua periode yakni 2011-2015 dan 2015-2019 ini menyampaikan, Jamal Wiwoho telah resmi dilantik oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) pada Jumat (12/4/2019) di Jakarta sebagai Rektor UNS periode 2019-2023.

Di akhir jabatannya, Ravik mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sejawat dosen, rekan-rekan kependidikan, para mahasiswa, alumni, dan para pimpinan instansi/lembaga yang telah bekerja sama membersamai UNS hingga saat ini. Ravik juga memohon maaf apabila selama menjalankan tugas ada tutur kata, perbuatan, atau kebijakan yang kurang berkenan bagi civitas akademika UNS dan masyarakat.

"Selanjutnya, kepada Bapak Rektor (Prof Jamal Wiwoho) saya doakan dapat mengemban jabatan dengan penuh amanah dan barokah untuk semuanya. Saya titip agar rencana pembangunan jangka panjang UNS tetap dapat dilanjutkan, yaitu tercapainya World Class University," ujar Ravik dalam sambutannya.

Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengucapkan selamat dan sukses untuk Ravik yang telah berhasil menyelesaikan dan mengemban amanah sebagai Rektor UNS dua kali periode masa jabatan berturut turut sejak tahun 2011 sampai 2019 dengan hasil yang sangat memuaskan.

Menurut Jamal, UNS mencatat banyak prestasi dan keberhasilan semasa kepemimpinan Ravik , yang mengantarkan UNS menjadi salah satu perguruan tinggi kebanggaan yang telah berhasil menduduki ranking dari berbagai versi. Di antaranya TOP 200 UniRank 4ICU, ranking 1.678 dunia, ranking 493 di Asia, dan ranking 8 di Indonesia versi Webomatrics. Selain itu, berhasil menduduki ranking 401- 450 versi  QS-AUR pada tahun 2018, serta memperoleh 3  bintang/stars versi QS Stars Rating.

Jamal menambahkan, UNS di bawah kepemimpinan Prof Ravik Karsidi juga telah berhasil mempertahankan predikat sebagai institusi terakreditasi A atau “Unggul”, dan dalam hal laporan keuangan telah berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 9 (sembilan) kali berturut-turut dari tahun 2010 sampai dengan 2018.

Sejumlah capaian tersebut merupakan bukti bahwa UNS telah berhasil menjalankan sistem manajemen Tata Kelola Universitas yang baik.

“Tidak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak catatan prestasi-prestasi lain yang telah diraih UNS dimasa jabatan beliau. Kepada Prof Ravik Karsidi sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi gemilangnya, selamat melanjutkan karya karya prestatif berikutnya, semoga di mana pun Bapak bertugas, Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan dan kesuksesan,” ujar Jamal.

Pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran Pimpinan Universitas beserta Pimpinan dan anggota Senat, Panitia Pemilihan Rektor, yang telah berhasil menyelenggarakan proses pemilihan Rektor UNS periode Jabatan 2019-2023 dengan sangat baik dan lancar.

Bagi Jamal, hal yang menjadi kebanggaan tak terlupakan adalah bahwa proses Pemilihan Rektor UNS kali ini telah berhasil menciptakan suasana yang kondusif, kekeluargaan, dan mengakhirinya dengan cara musyawarah dan mufakat.

"Semoga peristiwa yang baru kali pertama ini dialami di UNS, dapat menjadi contoh yang baik bagi perguruan tinggi yang lainnya. Saya tetap memohon dukungan dan kerjasama semua pihak, agar saya beserta seluruh jajaran pimpinan UNS dapat meneruskan program-program yang telah dirintis dan dicanangkan oleh para pendahulu saya, dan berhasil menjalankan program-program kebijakan strategis pengembangan UNS untuk masa mendatang sebagai PTN Berbadan Hukum,” ucapnya. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »