Sabtu , 25 Mei 2019

Begini Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

11 April 2019 12:38 WIB


Ilustrasi.

Solotrust.com- Anak membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekatnya agar tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Dr. Roseanne Lesack, psikolog bersertifikat dan Direktur Yayasan Klinik Anak Unicorn di Universitas Nova Tenggara, Florida, AS menekankan peran orang tua dalam membentuk rasa percaya diri anak. Ini salah satu kiat yang bisa dilakukan, Puji Anak.

Pujian tidak harus selalu berpatokan dengan hasil. Tentu, orang tua boleh memuji anak karena berprestasi dan berperilaku baik. Namun jangan abaikan upaya dan kegigihan anak dalam melakukan sesuatu.



Beri penghargaan anak lewat pujian untuk kerja kerasnya, meski anak masih membentur kegagalan. Cara ini akan membuat anak percaya terhadap dirinya dan kemampuannya.

Jangan sampai anak merasa tidak berharga saat menghadapi kegagalan, yang rentan memicu krisis kepercayaan diri.

"Anak-anak harus bisa mengatakan, ‘Saya percaya diri di bidang ini, karena saya bekerja keras. Saya sudah berlatih. Saya ingin jago melakukan ini.’ Itu adalah hal yang bagus,” kata Roseanne.

Saat memuji anak, sebut kelebihannya secara spesifik. Misalnya saat anak berhasil mencetak gol dalam pertandingan sepak bola. Dibanding hanya mengatakan permainan anak bagus, Anda bisa memuji teknik tendangan anak yang bagus atau kemampuannya berlari kencang. Pujian yang spesifik pada momen yang tepat akan membuat anak mengenali kelebihannya. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »