Jumat , 18 Oktober 2019

BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi PTI UNISRI Selama Tiga Hari

6 April 2019 21:35 WIB


Assesor BAN-PT saat visitasi akreditasi di Unisri.

SOLO, solotrust.com - Tim Asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi akreditasi terhadap prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Akreditasi program studi S1 itu dilakukan selama tiga hari, Kamis hingga Sabtu (4-6/4/2019). Tim yang melakukan visitasi antara lain Heru Suhartanto yang merupakan Guru Besar Universitas Indonesia, dan Syahrul yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Makasar.



Pada hari pertama, Asessor meninjau lokasi di UNISRI mulai dari Layanan Administrasi, Penjaringan Mahasiswa, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Ruang Kuliah, Ruang Pimpinan Fakultas dan Prodi, Laboratorium PTI, Laboratorium Multimedia dan Ruang Dosen.

Kemudian, pada hari kedua, Asessor melakukan penilaian borang Program Studi. Standard penilaian meliputi tujuh bidang yaitu Visi Misi, Tata Pamong, Kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Tata Kelola Keuangan dan Sarana Prasarana, Penelitian dan Pengabdian serta Jaringan Kerjasama.

Sedangkan, pada hari terakhir dilakukan evaluasi dan pemberian saran dari asessor kepada institusi yang di akreditasi.

Heru Suhartanto selaku asessor mengatakan, proses akreditasi ini didukung oleh semua pihak dari Unisri sehingga dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan.

"Diharapkan hasil evaluasi ini menjadi masukan untuk Prodi PTI agar semakin baik dan menjadi Prodi yang diminati di UNISRI," kata Heru.

Senada dengan Heru, Syahrul juga menilai Unisri sangat kooperatif dalam membantu pengumpulan data oleh asessor.

"Yang kami lakukan disini hanyalah memotret semua perlengkapan yang disiapkan prodi dan ahli borang," ujar dia.

Sementara itu, Rektor UNISRI  Sutardi berterima kasih atas masukan-masukan yang diberikan asessor agar Prodi PTI Unisri nantinya lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami menyambut baik asessmen lapangan akreditasi Prodi ini karena berguna untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi UNISRI," ungkap Sutardi.

Dekan FKIP UNISRI,  Sri Hartini menjelaskan, akreditasi ini berfungsi untuk menjamin mutu institusi secara eksternal, selain penjaminan mutu internal yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNISRI.

"Kami berharap hasil evaluasi BAN-PT ini menjadi masukan bagi lembaga baik di tataran Universitas, Fakultas, maupun Prodi," tutup dia.  

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com