Entertainment

Cek Kesiapan Prajurit di Solo, Ini yang Ditanyakan Panglima TNI dan Kapolri

TNI / Polri

05 April 2019 18:42 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat mengecek langsung kesiapan prajurit dan kendaraan TNI/Polri dalam apel gabungan TNI-Polri di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Solo, Jumat (5/4/2019). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - 13 hari menjelang Pemilu 2019, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengecek langsung kesiapan prajurit dan kendaraan TNI/Polri dalam apel gabungan TNI-Polri di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Solo, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (5/4/2019).

Panglima dan Kapolri menanyakan kepada prajurit beberapa poin utama di antaranya mengenai pemahaman prajurit mengenai teknis dan aturan pengamanan pemilu, hingga menyoroti netralitas prajurit.



"Kamu dari wilayah mana? Seperti apa tugasmu dalam pemilu nanti?" tanya Panglima kepada salah seoarang prajurit.

"Netralitas itu apa? Netralitas itu adalah tidak memihak kedua paslon," tegas Hadi.

Panglima juga meminta kepada para prajurit untuk wajib membawa sebuah buku saku berwarna putih sebagai panduan kode etik prajurit dalam menjalankan tugasnya.

Berlanjut pada barisan Ditlantas Polda Jateng dengan motor kepolisiannya, Kapolri menanyakan kesiapan petugas dan kendaraannya, termasuk salah seorang Polwan yang mendapat apresiasi dari Panglima TNI dan Kapolri.

Polwan dengan berat tubuh 52 kg, tapi mampu menguasai motor polisi yang beratnya mencapai 350 kg. Polwan itu kemudian diminta mempraktikan mengendarai motor.


Setelah pengecekan prajurit selesai, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono ganti menyampaikan sambutannya.

"Panglima dan Kapolri, saya melaporkan beberapa waktu sebelumnya kami sudah melakukan latihan. Latihan kami ulangi dengan tactical floor game (TFG) untuk menyelaraskan gerakan bagaimana komando yang menggunakan dengan cara komunikasi yg kita miliki," kata Pangdam.

Baca juga: 28 Hari Jelang Pemilu, TNI/Polri Mantapkan Tactical Floor Game

"Seperti yang bapak ketahui saat pemeriksaan pasukan kami sadari bahwa kami masih ada beberapa kekurangan. Untuk itu di sisa waktu yang masih ada kami akan terus berlatih dan melaksanakan koordinasi satuan satu dengan lainnya," lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Pangdam menyatakan kesiapan tugas dari Panglima TNI dan Kapolri terkait pelaksanaan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019.

Adapun dalam apel gabungan pasukan TNI-Polri se-Solo Raya diikuti sebanyak 3.300 prajurit. Selain itu apel juga disaksikan oleh ratusan pelajar dari sekolah di sekitar kompleks. (adr)

(way)