Rabu , 18 September 2019

PSSI Batal Kirim Timnas Putri ke AFF U-15, Ini Alasannya

05 April 2019 19:23 WIB


Timnas Putri Indonesia. (Dok PSSI)

JAKARTA, solotrust.com – Indonesia menarik diri dari kejuaran AFF U-15 2019 yang akan digelar di Chonburi, Thailand mulai 9 hingga 21 Mei. Federasi Sepak Bola ASEAN atau AFF mengatakan batalnya Indonesia ikut karena kendala anggaran, namun PSSI juga memberi alasan lain.

Dilansir dari foxsportsasia.com, Jumat (5/4/2019), alasan yang dikutip PSSI kepada AFF adalah karena kendala keuangan untuk mengirim tim putri mereka ke turnamen selama dua minggu di Thailand.



"Indonesia telah menarik keikutsertaan mereka dari AFF Under-15 Girls’ Championship.  Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengutip kendala anggaran sebagai alasan mengapa mereka memutuskan untuk tidak ambil bagian tahun ini," kata AFF dalam sebuah pernyataan.

Melalui keterangan tertulis di laman PSSI, Jumat (5/4/2019), prioritas persiapan penyelenggaraan Liga 1 Putri dan Timnas Senior Putri menuju SEA Games 2019 menjadi alasannya.

Untuk persiapan Liga dan pengembangan sumber daya manusianya, PSSI akan bekerja sama dengan Federasi Sepak bola Australia (FFA).

"Beberapa waktu lalu, perwakilan dari FFA sudah berada di Sawangan untuk melihat timnas putri Indonesia. Kita prioritaskan untuk persiapan Liga 1 Putri dan Timnas Senior Putri menuju SEA Games. Selain itu timnas putri kita saat ini juga sedang mengikuti babak kedua kualifikasi olimpiade 2020 di Myanmar," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Karena alasan untuk membangun Kompetisi Liga 1 Putri itulah, PSSI memutuskan tidak mengirim tim putri U15 di Piala AFF. PSSI mengaku tengah berkomitmen mempersiapkan Tim Putri Junior dari kompetisi yang sehat.

Pada tahun 2019, kompetisi yang nantinya dibangun, dimulai dengan bebas usia seiiring dengan Piala Pertiwi di tingkat Provinsi. Tahun 2020, direncanakan untuk kompetisi putri di kategori usia muda.

“Kompetisi ini baru akan kita bangun rencananya di September mendatang. Kita akan memulai dengan sekurang-kurangnya enam klub liga 1 yang akan berpartisipasi,” jelas Tisha.

Sejatinya, Timnas Putri U-15 tergabung ke dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Timor-Leste. Sementara Grup B dihuni tuan rumah Thailand, Laos, Malaysia, Singapura, dan Kamboja.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »