Hard News

Jenis Ikan Mola Mola yang Rentan Punah Itu Ditemukan Mati

Hard News

3 April 2019 08:06 WIB

Ikan Mola-Mola ditemukan dalam kondisi mati di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019).

AMBON, solotrust.com-  Seekor ikan Mola Mola ditemukan mati di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019). Ikan tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan keramba di Tanjung Martafons Negeri Poka Ambon.  

Ikan bertubuh bulat pipih yang hidup di perairan Nusa Penida itu tercatat sudah dua kali mampir di perairan Ambon. Umar, salah seorang warga yang melihat ikan dari keramba sekitar pukul 13.00 WIT.



“Awalnya dari tengah laut didorong sama anak-anak nelayan dari kampung Pisang,” terang Umar. Mereka berniat untuk membawa ikan bertubuh gepeng itu ke darat, namun terkendala berat tubuh.

Umar beserta nelayan lain mengaku ini kejadian pertama di wilayahnya. Hal tersebut lantas diteruskan ke pihak terkait untuk identifikasi lanjut.

Wiwit Handayani dari Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSDPL) Sorong Wilayah Maluku, yang datang ke lokasi menjelaskan kondisi ikan mati masih baik.

“Perkiraan mati sudah dua atau tiga hari,” jelasnya.

Kulit tubuh ikan dari laut dalam yang tergolong rentan punah itu masih terlihat segar serta tidak mengeluarkan bau. Panjang ikan tersebut 2,28 meter dengan lebar 2,36 meter.

“Kami belum bisa beri penyebab kematiannya. Cuma kalau ingin tahu lebih jauh ada pemeriksaan netrofil dan itu ranahnya dokter hewan. Yang pasti besar kemungkinan ikan ini terdampar,” beber Wiwit.

Pihaknya bakal bekerjasama untuk memastikan lebih detil penyebab kematian ikan tersebut. Saat ini bangkai ikan telah diserahkan ke pihak BKSDA Maluku, LPSDPL dan petugas Polsek Teluk Ambon. #teras.id

(wd)