Serba serbi

Duh, Miliaran Data Pribadi Orang Bocor di Internet

Teknologi

31 Maret 2019 05:06 WIB

Ilustrasi. (The Sun/ credit: Alamy)

SOLO, solotrust.com – Miliaran data pribadi orang bocor secara daring. Data tersebut bersumber dari alamat email yang bocor dan kemungkinan telah diretas.

Dilansir dari The Sun, Sabtu (30/3/2019), peneliti keamanan telah menemukan bahwa miliaran informasi pribadi orang telah dilanggar secara daring oleh sebuah perusahaan pemasaran bernama Verifications.io yang sejak itu menutup situsnya.



Verifications.io mengklaim sebagai perusahaan 'verifikasi email'. Ada sekitar 982 juta alamat email yang terdaftar dalam situs tersebut.

Informasi pribadi yang bocor di situs tersebut di antaranta nama, jenis kelamin, tanggal lahir, majikan, detail akun media sosial, dan hingga alamat rumah.

Salah seorang pakar keamanan dunia maya yang mengungkap dan melaporkan pelanggaran ini adalah Bob Diachenko. Dalam tulisan di blog pribadinya, ia bahkan menyebut bahwa ini mungkin basis data email terbesar dan terlengkap yang pernah dilaporkannya.

"Setelah verifikasi, saya terkejut dengan sejumlah besar email yang dapat diakses publik untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet. Beberapa data jauh lebih rinci daripada hanya alamat email dan termasuk informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi,” katanya.

Namun pihak Verifications.io menolak untuk menanggapi kasus ini. Belum diketahui apakah data yang dilanggar itu diakses oleh penjahat mana pun.

(way)