Serba serbi

Ini Starting XI Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Olahraga

30 Maret 2019 06:05 WIB

(Dok Marca)

SOLO, solotrust.com – Industri sepak bola telah berkembang menjadi arena dagang masing-masing klub dalam jual-beli para pemain. Semakin tahun, nominal yang dikeluarkan klub untuk membeli pemain idaman makin tak masuk akal.

Neymar Jr salah satunya. Paris Saint-Germain (PSG) rela merogoh kantong hingga €222 juta, memecahkan rekor transfer dalam sejarah peradaban sepak bola dunia. Bukan tidak mungkin pada tahun mendatang nominal itu akan dipecahkan oleh pemain lain.



Pemain mahal nyatanya bukan hanya yang berposisi sebagai penyerang saja, bahkan dari gelandang sampai kiper pun pernah dinobatkan sebagai pembelian yang terbilang tidak murah.

Jika didata, maka akan terbentuk susunan 11 pemain (starting eleven) pemain mahal di masing-masing posisinya, melansir dari Marca, Jumat (29/3/2019).

Kiper

Rekor biaya transfer untuk seorang kiper dibayarkan musim panas lalu ketika Chelsea membeli Kepa Arrizabalaga dari Athletic Club seharga €80 juta. Nominal itu mengalahkan €62,5 juta yang dibayarkan Liverpool untuk mengontrak Alisson dari Roma.

Bek

Virgil van Dijk adalah bek termahal di dunia setelah bergabung dengan Liverpool dari Southampton dengan nilai transfer €85 juta pada Januari 2018.

Di tempat kedua ada Lucas Hernandez, yang akan bergabung dengan Bayern Munich di musim panas dengan nilai €80 juta. Bek ketiga termahal dalam sejarah adalah Aymeric Laporte. Pemain Prancis itu bergabung dengan Manchester City dari Athletic Club pada Januari 2018 dengan nilai €65 juta.

Gelandang

Philippe Coutinho saat ini masih menjadi gelandang dengan nilai transfer termahal di dunia. Ia didatangkan Barcelona dari Liverpool dengan nilai €120 juta plus 40 juta variabel pada Januari 2018.

Nama kedua yakni Paul Pogba. Manchester United pada Agustus 2016 rela membayar Juventus €105 juta untuk memboyong gelandang Timnas Prancis itu.

Selain Coutinho dan Pogba, dua gelandang mahal lainnya dinobatkan kepada Frenkie de Jong dan James Rodriguez. Kedua pemain menandatangani kontrak €75 juta euro. De Jong pindah dari Ajax Amsterdam ke Barcelona pada musim panas dan pemain Kolombia itu bergabung dengan Real Madrid setelah penampilannya yang luar biasa di Piala Dunia 2014.

Penyerang

Tiga penyerang mahal saat ini adalah Neymar, Cristiano Ronaldo, dan Kylian Mbappe. Neymar menjadi yang termahal dengan rekor €222 juta, sementara Mbappe didatangkan dari AS Monaco ke PSG dengan nilai €135 juta. Ronaldo yang memasuki usia senja, musim panas lalu direkrut Juventus dari Madrid dengan nilai €117 juta.

(way)