Hard News

Bareng Gubernur, Ribuan Orang Resik-resik Keraton Surakarta Hadiningrat

Jateng & DIY

29 Maret 2019 16:23 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama ribuan warga melakukan resik-resik keraton. (Dok Humas Pemprov Jateng)

SOLO, solotrust.com – Ribuan orang melakukan resik-resik Keraton Surakarta Hadiningrat pada Jumat (29/3/2019) pagi. Kegiatan itu juga diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sejak pagi, mereka telah berkumpul di halaman keraton dengan mengenakan kaus dan membawa perkakas untuk bersih-bersih. Mereka lantas menyapu beberapa sudut keraton yang berserakan daun-daun kering.



Selain Ganjar, kegiatan ini juga diikuti Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dan sejumlah tamu penting lainnya. Mereka membaur bersama warga lainnya membersihkan sudut demi sudut keraton.

“Hari ini kita gelar resik-resik Keraton Surakarta Hadiningrat. Ini ribuan masyarakat kumpul, untuk bersama-sama membuat Keraton Surakarta jadi bersih dan kinclong,” ujar Ganjar.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi titik awal kebangkitan Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai pusat peradaban, kebudayaan, penelitian, dan pariwisata.

“Ini harus menjadi momentum kebangkitan Keraton Surakarta. Mudah-mudahan nanti orang akan berbondong-bondong datang ke sini baik untuk wisata atau mempelajari kebudayaan,” imbuhnya.

Ganjar juga mengatakan pemerintah akan mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk membantu Keraton Surakarta agar bisa bangkit kembali. Tidak hanya dari sisi administrasi, namun juga bantuan personel, anggaran, perencanaan pembangunan dan sebagainya.

Sementara itu, Putra Raja Keraton KGP Haryo Dipokusumo mengapresiasi kegiatan resik-resik ini. Menurutnya, hal itu mencerminkan bentuk kerukunan, semangat gotong-royong antarwarga.

“Kami senang karena rasa handarbeni masyarakat terhadap keraton masih tinggi,” tuturnya.

(way)