Serba serbi

Dua Pertiga Pria Lebih Memilih Pasangan yang Mirip Ibunya

Serba serbi

27 Maret 2019 03:07 WIB

Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto)

SOLO, solotrust.com – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hampir dua pertiga pria lebih memilih pasangan yang sangat mirip dengan ibu mereka.

Dilansir dari Mirror, Selasa (26/3/2019), penelitian ini dilakukan oleh situs kencan eHarmony. Peneliti menyimpulkan bahwa 64 persen pria memilih wanita dengan karakter kepribadian yang sama dengan ibu mereka.



Untuk mencapai kesimpulan tersebut, awalnya peneliti melakukan pengembangan tes kepribadian. Peneliti secara psikologis mengevaluasi pria, pasangan mereka, dan ibu mereka.

Hasilnya, menunjukkan bahwa tingkat toleransi -menghormati dan menghargai pendapat orang lain- adalah sifat yang paling banyak dimiliki oleh ibu dan pasangan sang pria.

Ini juga diikuti oleh pentingnya menempatkan pada monogami, dan kesediaan untuk merasa empati terhadap orang lain.

"Sudah diketahui bahwa kita cenderung bermigrasi ke orang-orang yang memiliki sifat yang sama dengan kita dan, pada tingkat yang berbeda-beda, kita berusaha untuk menciptakan kembali aspek-aspek dari hubungan asli kita dengan orang tua kita,” kata seorang ahli hubungan di eHarmony, Rachael Lloyd.

"Dengan ibu sebagai pengasuh utama kita dalam kehidupan, tidak heran pria tertarik pada wanita yang memiliki nilai-nilai yang sama,” lanjutnya.

Dari penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sifat yang paling tidak terbagi antara ibu dan pasangan putranya adalah keterasingan, nilai-nilai agama, dan stabilitas emosional.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa banyak dari siapa kita - dan siapa yang kita pilih untuk dicintai - berasal dari pengalaman hidup kita yang paling awal,” tutur Ms Lloyd.

(way)