Hard News

Kampanye Terbuka di Solo, Ketua BPN Prabowo - Sandi Sebut Jateng Medan Berat

Jateng & DIY

25 Maret 2019 20:34 WIB

Kampanye akbar BPN Prabowo Sandi di Lapangan Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Minggu (24/3/2019).

SOLO, solotrust.com - Peluit kampanye rapat umum sudah ditiup Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kota Solo menjadi salah satu tempat digelarnya kampanye terbuka pemilihan presiden 2019 zona A Jawa Tengah oleh kubu Badan Pemenangan Nasional Pasangan Calon 02.

Ribuan massa pendukung Prabowo - Sandi memadati Lapangan Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Minggu (24/3) pagi. Akan tetapi, beberapa tokoh penting yang direncanakan hadir batal datang. Diantaranya Cawapres 02 Sandiaga Uno dan Amien Rais, hanya Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandi, Jendral (Purn) TNI Djoko Santoso yang tampak hadir didampingi para caleg-caleg dari partai pengusung.



Namun, batalnya kehadiran Sandiaga Uno tak menyurutkan animo para pendukung untuk memenangkan Paslon 02. Massa tetap bersemangat di tengah lapangan yang becek akibat diguyur hujan sehari sebelumnya.

Ketua BPN Djoko Santoso saat ditemui solotrust.com sebelum meninggalkan lokasi acara, mengatakan ketidakhadiran Cawapres Sandiaga Uno di Solo karena menyesuaikan aturan jadwal zonasi rapat umum dari KPU.

"Jadi jadwalnya pak Sandi ke Sragen, pak Prabowo ke Manado dan Makassar, saya sebagai Ketua BPN di Solo, KPU yang menyusun datanya," terang dia.

Djoksan mengklaim bila dukungan kepada Prabowo - Sandi di Jawa Tengah sudah mulai tumbuh ada peningkatan meskipun diakuinya juga Jawa Tengah provinsi paling berat. Sehingga kampanye di Sragen yang dihadiri Sandiaga Uno akan dimaksimalkan.

Sementara di Sulawesi Selatan suara untuk Prabowo - Sandi, Djoksan optimis 02 dapat merengkuh kemenangan.

"Jawa Tengah termasuk medan yang berat," kata Mantan Panglima TNI. 

Sekretaris kegiatan, Aji Atmodiwiryo menyampaikan, kegiatan kampanye ini mengambil tema "Ahad Sehat, Solo Itu Putih". Tema tersebut diusung sebagai upaya untuk mengubah mindset yang selama ini sudah terpatri yakni Solo itu Merah.

"Kami ingin mengubah menjadi Solo itu putih, selama ini pola pikir masyarakat menganggap Solo itu merah. Gambarannya seperti itu," ucap dia yang merupakan anggota dari Pengusaha Solo dan Sekitarnya (Pesona)#02.

Sebagai tambahan informasi, zonasi kampanye rapat umum Pilpres ditetapkan oleh KPU pada Rabu (6/3/2019) lalu. Di mana lokasi kampanye dibagi menjadi dua zona, yakni zona A dan zona B.

Zona A meliputi daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Kemudian, Zona B meliputi daerah Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat.

Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat kesempatan pertama menggelar kampanye rapat umum di Zona A. Sementara paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat kesempatan menggelar kampanye di Zona B. Dan kedua Paslon akan bertukar zona setiap dua hari sekali hingga 13 April mendatang sesuai daerah yang telah ditentukan. (adr)

(wd)