Selasa , 26 Januari 2021

Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Diimbau Waspadai Pohon Lapuk

14 November 2017 09:46 WIB


(ilustrasi)

SUKOHARJO, solotrust.com - Kepala Badan Penangulangan Bencana daerah (BPBD) Sukoharjo Suprapto mengingatkan agar masyarakat tetap waspada di awal datangnya musim penghujan. Sebab menurutnya, kecenderungan awal musim hujan selalu disertai dengan angin yang kencang.

Dalam situasi tersebut pohon menjadi rawan roboh karena tiupan angin. Sebab, banyak pohon yang rantingnya sudah rimbun tetapi tidak dipotong. Dan ada juga yang usia pohon sudah tua atau lapuk.



"Kami minta masyarakat meningkatkan kewaspadaaan, karena ini sudah masuk pada musim penghujan," imbaunya, Senin (13/11/2017).

Terkait dengan kesiapan personel BPBD, Suprapto mengatakan, jumlah personel dan peralatan memang terbatas. Karena itu untuk antisipasi pihaknya terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak.

Tujuannya, setiap kali ada bencana yang terjadi bisa langsung tertangani. Sekali lagi, pihaknya meminta agar masyarakat khususnya yang ada di daerah rawan bencana, agar pohon-pohon yang sudah lapuk atau terlalu rimbun segera ditebang. Sehingga saat ada angin tidak mudah roboh.

Baca juga : Terjangan Angin Lisus, Kerugian Capai Ratusan Juta

Sebelumnya, bencana angin lisus yang terjadi pada pekan kemarin di area Sukoharjo dan sekitarnya membuat kerugian material yang cukup tinggi.

 

(arif-way)

(Redaksi Solotrust)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com