Serba serbi

Kalah dari Vietnam, Indonesia Gagal Lolos ke Piala Asia U-23

Olahraga

24 Maret 2019 22:21 WIB

Pemain Indonesia U-22 Marinus Wanewar saat merayakan gol yang ia cetak ke gawang Kamboja dalam Piala AFF lalu. (Dok PSSI)

HANOI, solotrust.com – Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Vietnam dengan skor tipis 0-1 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K, Minggu (24/3.2019). Dengan kekalahan ini, praktis peluang Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia tahun depan tertutup.

Pasalnya, dua kekalahan beruntun ini (pertama dari Thailand) membuat posisi Indonesia berada di dasar klasemen. Meski masih menyisakan satu laga sisa melawan Brunei, namun itu tak cukup untuk membuat mereka bersaing dengan tim lain.



Dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi itu, Garuda Muda sebenarnya bermain cukup apik sejak menit awal. Mereka terlihat mampu mengimbangi permainan tuan rumah.

Perubahan strategi yang dibuat Indra Sjafri dengan menurunkan beberapa pemain berbeda, cukup memberi dampak positif. Marinus Wanewar yang diplot sebagai penyerang tunggal bisa beberapa kali mengancam pertahanan lawan.

Peluang terbaik Indonesia tercipta melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-53. Ia mendapatkan ruang tembak di sisi kanan gawang Vietnam. Namun tendangannya masih mampu diblok kiper Vietnam Tien Dung.

Enam menit berselang, ganti Marinus yang mengancam. Ia mendapatkan peluang emas usai kiper Vietnam melakukan blunder di mana gagal membuang bola. Namun tendangan Marinus masih mampu dimentahkan Tien Dung.

Di 20 menit akhir babak kedua, Vietnam yang cenderung mengurung pertahanan Indonesia. Praktis pemain Indonesia banyak menunggu di sisi pertahanan.

Hingga akhirnya petaka bagi Indonesia datang di masa injury time. Berawal dari tendangan sudut dari Nguyen Quang Hai,Trieu Viet Hung mencetak gol melalui sundulan kepala.

Dengan kekalahan ini, Indonesia mengoleksi poin 0 dengan defisit 5 gol. Jika pun menang telak lawan Brunei di laga terakhir, Indonesia tak mungkin lagi mampu mengejar posisi runner-up terbaik untuk mendapatkan tiket ke putaran final Piala Asia U-23 tahun 2020.


(way)