Sabtu , 25 Mei 2019

Akhir Bulan, Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk 4 Hal ini

21 Maret 2019 20:26 WIB


Ilustrasi. (Foto: CekAja.com)

SOLO, solotrust.com – Kartu kredit merupakan salah satu pilihan alat transaksi nontunai yang cukup disukai karena praktis dan menyuguhkan banyak kemudahan. Tak jarang karena saking mudahnya pengajuan kartu kredit, penggunaannya suka berlebihan terutama di akhir bulan.

Baca juga : Pengajuan Kartu Kredit Termudah



Jika sudah menumpuk cicilannya, yang ada pendapatan di awal bulan depan malah terkuras untuk melunasi tagihan kartu kredit. Situasi seperti ini perlu disikapi secara bijak oleh mereka yang memiliki kartu kredit.

Nah, berikut ini ada beberapa pantangan menggunakan kartu kredit terutama di akhir bulan yang dirangkum solotrust.com.

1. Jalan-jalan

Hindari jalan-jalan di akhir bulan jika tidak memiliki budget. Terkadang niat untuk melepas penat ini muncul di kala kerjaan menumpuk di akhir bulan. Hingga akhirnya memutuskan untuk pergi jalan-jalan. Namun yang harus diperhatikan, hindari penggunaan kartu kredit hanya untuk jalan-jalan. Jika memang tidak memiliki budget untuk itu, lebih baik urungkan niat sampai gaji bulan depan turun.

2. Makan di restoran mewah

Tak jarang sejumlah hotel berbintang atau pun restoran mewah memberi promo atau diskon saat momen-momen spesial seperti Valentine, Natal, Imlek, atau bahkan Lebaran. Diskon ini tentu cukup memikat dan menarik. Namun jika kamu tidak memiliki budget untuk ini, baiknya tahan dulu hingga uangmu cukup untuk makan di restoran mewah.

3. Beli barang yang belum dibutuhkan

Biasakan belanja saat gaji bulanan kamu benar-benar masih ada. Jangan mudah tergiur berbagai macam diskon atau promo di pusat perbelanjaan dengan menggunakan cicilan kartu kredit. Mulailah merinci barang apa saja yang memang benar-benar dibutuhkan untuk dibeli.

4. Tarik tunai

Jika membutuhkan uang tunai, tariklah dengan kartu debit. Mengapa tidak pakai kartu kredit saja? Toh, kartu kredit memiliki fungsi tarik tunai dan bisa dilakukan di ATM-ATM terdekat, kan?

Tunggu! Tahukan kamu bahwa melakukan tarik tunai akan dikenakan biaya? Biaya tarik tunai ini tidak murah, bisa sebesar 4 persen dari total tarikan tunaimu atau minimal Rp50.000,00. Karena itu, kamu wajib tahu berbagai biaya yang ada dalam kartu kreditmu.

Bayangkan jika kamu rajin tarik tunai di ATM tiap beberapa hari sekali menggunakan kartu kredit! Bisa jadi biaya tarik tunai malah lebih besar dari tarikan tunai itu sendiri.

Oleh karena itu, mulailah kenali berbagai biaya produk kartu kredit seperti yang bisa dilihat di CekAja.com.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »