Kamis , 22 Agustus 2019

Tips Mengemudi Mobil Manual di Jalan Menanjak Bagi Pemula

21 Maret 2019 08:39 WIB


Ilustrasi. (Foto: CekAja.com)

SOLO, solotrust.com – Mengemudi mobil di jalan menanjak seringkali susah dilakukan terutama bagi pemula yang baru belajar. Bukannya bisa menanjak, jika salah dalam mengemudi yang ada mobil justru bisa mundur hingga terjadi kecelakaan. Ujung-ujungnya, mobil yang masih baru bisa masuk bengkel asuransi.

Baca juga : Simulasi Asuransi Mobil



Nah, berikut ini tips bagi pemula saat mengemudi mobil di jalan tanjakan yang dirangkum solotrust.com dari berbagai sumber.

1. Pastikan kenali pedal gas, rem, dan kopling dengan baik

Hal penting bagi pemula saat belajar mengemudikan mobil adalah mengenali pedal gas, rem, dan kopling, serta gigi transmisi. Biasakan untuk menginjak pedal tersebut secara baik dan pas. Begitu juga saat keadaan jalan akan menanjak, pengemudi harus pandai memainkan pedal gas dan kopling dengan baik agar mobil bisa melaju, bukan malah mesin yang mati.

2. Gunakan gigi 1 atau 2

Cara paling aman dan efektif saat melaju di jalan menanjak adalah dengan menggunakan gigi terendah, 1 atau 2. Gunakan gigi 1 ketika jalan benar-benar menanjak curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

3. Gunakan rem tangan

Jika berada di jalan yang menanjak, lebih baik menggunakan rem tangan saat berhenti. Ini bukan hanya berlaku bagi pemula, namun bagi pengemudi yang sudah berpengalaman pun terkadang menggunakan rem tangan untuk lebih aman.

Kemudian saat mobil akan menanjak lagi, mulai lepaskan rem tangan secara perlahan-lahan dengan diikuti melepaskan kopling. Sementara kaki yang lain menekan pedal gas untuk bergerak maju.

4. Terus Berlatih

Bagi pemula, kunci utama mengemudi mobil di jalan menanjak adalah terus berlatih. Cobalah berlatih mengenali suara mesin saat mobil dalam keadaan akan menanjak. Mengenali suara mesin dengan baik akan membuat pengemudi bisa lancar saat memainkan pedal di jalanan menanjak. Tentunya ini dilakukan di jalanan sepi dengan pendampingan ahli.

Sebab beberapa kursus mobil saat ini sudah banyak yang menggunakan asuransi. Untuk lebih jelas mengenai produk-produk asuransi, bisa dilihat di CekAja.com.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com