Serba serbi

Petunjuk Tentang Album Map of the Soul BTS Ada dalam MV Epiphany

Musik & Film

20 Maret 2019 17:04 WIB

Jin BTS dalam MV "Epiphany" (Foto: Twitter BTS).

Solotrust.com - BTS diketahui akan merilis album terbarunya yakni "Map of the Soul: Persona" pada 12 April mendatang. Sebelumnya, ternyata BTS sudah memberikan petunjuk terkait hal ini via narasi di MV "Epiphany" yang dibawakan salah satu anggotanya yakni Jin.

"Epiphany" adalah intro untuk album "Love Yourself: Answer" (2018), album terakhir BTS dalam seri "Love Yourself". Dalam liriknya, diceritakan bahwa akhirnya mereka menyadari tentang sesuatu, yakni tentang siapa yang harusnya mereka cintai, dan jawabannya adalah diri mereka sendiri.



“Aku adalah yang harusnya aku cintai di dunia ini. Aku yang bersinar, jiwaku yang berharga. Aku akhirnya menyadarinya, sehingga aku mencintai diriku. (Diriku) tidak sempurna, namun sangat indah,” demikian petikan lirik dalam lagu 'Epiphany".

Meskipun lirik dalam "Epiphany" menggambarkan seperti sebuah jawaban, namun penonton kembali disuguhkan dengan narasi yang menginsyaratkan bahwa pencarian BTS dalam memahami diri sendiri belumlah berakhir dan masih akan berlanjut.

Di akhir MV tersebut, tertulis beberapa kalimat yang merefleksikan perjalanan personal Jin yang bertekad untuk menemukan sesuatu yang dimiliki semua orang namun tak semua orang bisa menemukannya.

 “Pada akhir perjalananku untuk menemukan diriku sendiri, aku telah sampai di tempat yang sama lagi. Pada akhirnya, apa yang ingin aku temukan adalah peta dari jiwa, permulaan dan tanda untuk semuanya. Sesuatu yang semua orang mungkin miliki namun tidak semua orang dapat menemukannya, dan aku ingin mencoba mencarinya dari sekarang,” demikian terjemahan apa yang tertulis di akhir MV "Epiphany".

"Map of The Soul" sendiri adalah judul buku dari Murray Stein yang membahas tentang penemuan-penemuan dari Carl Gustav Jung, seorang psikiater Swiss dan perintis psikologi analitik tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kejiwaan manusia. Buku "Map of The Soul" ini juga dijual BigHit via toko online resminya.

Persona adalah salah satu sub bab yang dibahas dalam buku tersebut. Persona merupakan salah satu archetype yang paling penting dalam membentuk suatu kepribadian manusia menurut Jung, selain anima-animus, shadow, dan self.

Persona berasal dari kata Latin yang berarti topeng. Sehingga, persona diibaratkan sebagai topeng yang kita kenakan ketika tampil ke dunia luar dan menggambarkan bagaimana kesan yang ingin kita tampilkan dimata orang lain, namun tidak selalu mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. (Lin)

(wd)