Hard News

Pemkot Surakarta Kerjasama dengan Pemkot Jinjiang RRT

Jateng & DIY

20 Maret 2019 15:11 WIB

Kerjasama Solo & Jinjiang.

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota Surakarta menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Jinjiang Provinsi Fujian Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kerjasama ditandai penandatanganan Letter of Intent (LoI) di Balai Kota Solo, Selasa (19/3/2019).

Penandatangan tersebut dilakukan antara perwakilan Pemkot Surakarta, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Untara dengan Liu Wenru, Senior Advisor Jinjiang Municiple People's Government.



Mewakili Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang berhalangan hadir, Plt Sekda Untara mengatakan, bahwa LoI ini menyimbolkan hubungan persahabatan antara Kota Solo dengan Kota Jinjiang.

"Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi momen penting dalam meningkatkan perekonomian daerah kota Solo melalui promosi potensi daerah di tingkat internasional," tutur Untara saat membacakan sambutan Wali Kota Solo, Selasa (19/3/2019).

Program kerjasama ini dinilai sejalan dengan tugas pemerintah untuk membina dan mengembangkan perekonomian daerah sebagai pilar pertumbuhan perekonomian untuk mendorong peningkatan investasi di daerah. Peningkatan investasi di daerah dapat terwujud jika terdapat potensi yang dijual kepada para investor baik itu berupa potensi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia.

"Untuk itu program kerjasama ini diharapkan mendukung potensi daerah dalam menghadapi globalisasi dan pasar bebas yang semakin terbuka," ujarnya.

Pihaknya berharap melalui diwujudkannya kerjasama ini, kedua belah pihak dapat saling bertukar ilmu pengetahuan teknologi dan bidang perekonomian seperti perdagangan dan pendidikan. Hal ini penting mengingat pertukaran ilmu dibutuhkan untuk mendukung peningkatan kualitas daerah di berbagai bidang.

"Harapan kita bersama dengan kerjasama ini ada tindakan nyata yang diimplementasikan dalam masing-masing daerah agar percepatan pembangunan di kawasan dapat tumbuh dengan baik," kata Untara.

Senior Advisor Jinjiang Municiple People's Government, Liu Wenru menjelaskan, tujuan utamanya adalah ingin melakukan kerjasama di bidang perekonomian, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata.

"Jinjiang adalah salah satu kota yang mempunyai pertumbuhan ekonomi yang besar di Tiongkok. Kota Jinjiang menghasilkan produk olah raga yang baik," ujar Liu Wenru.

Jinjiang adalah kota yang terletak di Provinsi Fujian, RRT. Luasnya 649 km2 dan jumlah penduduk 2,1 juta jiwa. Dengan GDP mencapai USD 332 juta. (Rum)

(wd)