Hard News

Ganjar Tak Masalah Di-bully Soal Apel Kebangsaan

Hard News

16 Maret 2019 17:05 WIB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat jumpa pers Apel Kebangsaan, Sabtu (16/3/2019). (Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Apel Kebangsaan “Kita Merah Putih” yang akan digelar di Semarang mendapat sorotan tajam dari sejumlah pihak. Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku tak mempermasalahkannya.

Salah satu aspek yang disorot adalah besaran anggaran dalam acara tersebut. Apel yang akan digelar pada Minggu (17/3/2019) itu menghabiskan anggaran daerah mencapai Rp18 miliar.



Dalam laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jateng, secara rinci disebutkan untuk paket Pengadaan Kegiatan Apel Kebangsaan Jawa Tengah Tahun 2019 "Rampak Senandung Kebangsaan" menghabiskan total Rp18.764.420.000.

Disinggung adanya sejumlah pihak yang tidak setuju dengan acara itu, Ganjar tak mempermasalahkannya. Saat jumpa pers di Semarang, Sabtu (16/3/2019), ia mengatakan acara digelar untuk umum tanpa melihat pandangan politik, asalkan tetap Indonesia.

“Tidak apa-apa, tidak semua orang harus setuju. Saya sudah di-bully. Kita jelaskan, justru Jawa Tengah, Pemprov (Jateng) sangat terbuka semua bisa melihat. Tidak kita tutup-tutupi,” katanya.

“Tidak setuju tidak apa-apa. Bahkan yang tidak setuju saya undang, yuk datang kita duduk bareng. Jangan curiga dulu dong. Ini umum kok, bukan Pilpres,” sambungnya.

Politikus PDIP itu mewanti-wanti masyarakat untuk tidak membawa atribut kampanye, termasuk melarang mengenakan pakaian bergambar partai, capres, maupun caleg. Menurutnya, acara ini terbuka untuk umum dan bebas dari unsur politik. Dirinya mengajak siapapun untuk hadir, karena itu jadi salah satu upaya merajut erat kebangsaan.

“Siapapun silakan hadir. Berangkat senang, pulang bahagia. Tidak ada sampah, tidak ada fasilitas umum, taman yang dirusak. Sehingga Jawa Tengah bisa menunjukkan perdamaian kesenangan dan benar-benar mencintai bangsa ini setulusnya,” tuturnya.

Apel Kebangsaan ini rencananya akan menghadirkan sejumlah tokoh yakni Habib Luthfi bin Yahya, KH Maimoen Zubair, KH Munif Zuhri, Gus Muwafiq, Mahfud MD, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Selain itu juga akan diramaikan dengan hiburan dari Armada, Virza, Nella Kharisma, hingga Slank.

(way)