Ekonomi & Bisnis

Gojek Swadaya, Upaya Tingkatkan Taraf Hidup Mitra

Ekonomi & Bisnis

15 Maret 2019 17:25 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com- Gojek, perusahaan transportasi roda dua melalui panggilan telepon, berupaya menjembatani para mitra dengan ragam kemudahan melalui program Gojek Swadaya. Gojek Swadaya adalah program pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver di antaranya pengelolaan keuangan.

Head Regional Corporate Affairs Jateng, Yogya, Jatim & Bali Nusra Gojek, Alfianto Domy Aji, mengatakan pihaknya memahami bahwa mitra memegang peranan penting dalam perkembangan ekosistem Gojek. Untuk itu Gojek terus berupaya membantu para mitra memiliki pendapatan berkesinambungan demi meningkatkan taraf hidup.



"Kami berterima kasih atas dedikasi yang diberikan para mitra kami dalam memberikan pelayanan terbaik. Untuk itu, kami terus berinovasi dalam memudahkan mitra bekerja dan meningkatkan kesejahteraannya lewat program Gojek Swadaya termasuk di Solo,” tuturnya melalui siaran pers yang diterima solotrust.com, Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, terdapat tiga pilar utama Gojek Swadaya yaitu pilar "ringankan" yang berisi program-program untuk meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, pilar "lindungi" yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan pilar "rencanakan" yang berisi program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Menurutnya, sejak tahun 2016, program Gojek Swadaya telah berlangsung dan memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Di Solo, mitra driver bisa memiliki akses pada layanan jasa keuangan seperti tabungan masa depan, asuransi, serta cicilan terjangkau.

“Selain itu kami juga menyediakan akses terhadap tabungan haji, Cicilan KPR, tabungan umroh, serta layanan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan,” tambah Domy.

Pihaknya mengklaim, program itu mendapat antusiasme cukup tinggi dari mitra driver Gojek di Solo. Berdasar data, per- Februari 2019, 4.500 mitra driver ikut asuransi (PasarPolis, Allianz). Hampir 800 mitra driver ikut program BPJS Ketenagakerjaan. Sekitar 70 mitra ikut program simpanan (tabungan, haji dan umroh serta KPR). Di pilar "ringankan", hampir  5.300 mitra tergabung dalam program paket hemat pulsa dan internet baik dari Telkomsel, Indosat dan XL.

Sebelumnya, dalam merancang program-program Gojek Swadaya, Gojek melakukan survei lapangan serta mengadakan diskusi dua arah untuk mengetahui aspirasi dan kebutuhan utama para mitra driver. Melalui program Kopdar, ribuan mitra driver Solo telah terdaftar sebagai penerima manfaat Gojek Swadaya mulai dari proteksi barang dan kesehatan, hingga menyicil rumah dengan biaya terjangkau.

Pihaknya optimis dengan sosialisasi yang terus dilakukan, angka penerima manfaat ini akan terus bertambah. Saat ini, secara nasional sudah ada lebih dari satu juta mitra dan keluarga yang telah menerima manfaat program-program Gojek Swadaya.

"Gojek Swadaya memiliki berbagai program tepat sasaran yang dapat menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan yang berdampak positif agar mitra driver bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya,” pungkasnya. (Rum)

(wd)