Senin , 14 Oktober 2019

Henry Dukung Petani Tembakau di Lereng Merapi Dirikan Koperasi

13 Maret 2019 05:06 WIB


Henry Indraguna saat menemui warga di lereng Merapi.

BOYOLALI, solotrust.com- Mendekati pemilihan legislatif, calon anggota DPR RI dari partai Perindo, Henry Indraguna menemui warga di lereng Merapi, tepatnya di Dukuh Surjo, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Di depan ratusan warga, Henry melakukan sosialisasi pemilu, serta mendengarkan keluhan serta permasalahan dari warga setempat.



Jono asal petani Desa Sukabumi saat bertemu calon legislatif ini mengeluhkan soal anjloknya harga tembakau saat memasuki masa panen.

Menurutnya, petani merasa dipermainkan dari pihak perantara (makelar) serta dari pabrik rokok. Selain itu,kata dia, warga di sini juga mengeluhkan anjloknya harga sayur di tingkat petani.

“Kami tidak dapat berbuat banyak, karena harga jual tembakau selalu dipermainkan oleh makelar dan pabrik. Dan harga sayuran di sini di saat masa panen harga jual murah," katanya kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Terkait hal ini, pengacara yang juga caleg Perindo Henry Indraguna mengatakan, pertama pemerintah daerah harus hadir agar permasalahan petani di daerah lereng Merapi ini segera mendapatkan solusi yang terbaik. Kedua, apabila hal ini terus dibiarkan petani akan merugi terus menerus.

"Kalau sudah seperti ini, jelas kasihan para petani. Seolah-olah petani dipermainkan terkait harga jual oleh makelar dan pabrik rokok. Ini jelas tidak adil,” kata caleg dapil 5 Jateng ini.

Lanjut Henry,  pihaknya berjanji terhadap para petani di lereng Merapi untuk membentuk sebuah koperasi. Tujuannya agar posisi tawar petani kuat, dan tidak dipermaikan harga lagi disaat masa panen.

“Coba membentuk koperasi, ini kalau dikelola akan lebih baik. Dan saya akan bantu untuk pengurusan pendirian koperasi.  Kalau petani berjuang sendiri-sendiri, maka akan terkalahkan melawan makelar dan pabrik rokok tersebut. Maka saya sangat mendukung adanya koperasi,” pungkasnya. (Jaka)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »