Serba serbi

Kawal Pembatalan RUU Permusikan, Album Kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 Segera Dirilis

Musik & Film

11 Maret 2019 08:11 WIB

Visual Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (Dok tolakruupermusikan.com)

SOLO, solotrust.com - Di Indonesia tiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Beberapa waktu ini, dunia musik nasional juga tengah digemparkan dengan penolakan sejumlah pelaku musik Indonesia terhadap adanya RUU Permusikan.

Pada Minggu (3/2/2019), para pelaku musik Indonesia yang menamai dirinya Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan menyatakan sikap bahwa mereka menolak RUU Permusikan untuk diundangkan.



Dalam pernyataannya, mereka menilai naskah tersebut menyimpan banyak masalah fundamental yang membatasi dan menghambat dukungan perkembangan proses kreasi dan justru merepresi para pekerja musik.

Kabar terbaru, Anang Hermansyah, anggota DPR RI Fraksi PAN Komisi X yang merupakan inisiator RUU Permusikan sepakat untuk membatalkan RUU tersebut. Ia akan mengajukan surat penarikan usulan RUU tersebut ke Pimpinan DPR.

Kesepakatan tersebut tercapai setelah dua kelompok yang saling berseberangan terkait RUU Permusikan akhirnya duduk satu meja di markas besar Slank di Jl Potlot, Jakarta pada 12 Februari lalu.

Baca juga : Batalnya RUU Permusikan dalam "Konferensi Meja Potlot”

Kendati demikian, hingga saat ini RUU Permusikan belum dicabut dari Prolegnas di DPR RI.

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional 2019, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan via Instagram resminya mengabarkan bahwa mereka akan melepas album kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 dalam waktu dekat.

Proyek album kompilasi BERSAMA BERSUARA ini akan mengawal pembatalan RUU Permusikan sampai dicabut dari Prolegnas di DPR RI.

"Bekerja sama dan bersama bersuara menjadikan musik sebagai senjata untuk memperluas kesadaran tentang urgensi pembatalan RUU Permusikan," tulis koalisi tersebut.

Album kompilasi BERSAMA BERSUARA VOL.1 ini diorganisir secara organik dan partisipatoris dengan melibatkan simpul jaringan komunitas musik semerata nusantara bersama 100 partisipan grup/solo/duo dari ujung Barat hingga Timur Indonesia juga lintas negara.

Album kompilasi BERSAMA BERSUARA ini akan terus berkelanjutan dan berseri dalam multi volume. (Lin)

(way)