Minggu , 17 November 2019

KPU Surakarta Temukan Total 11.655 Surat Suara Rusak

05 Maret 2019 15:27 WIB


Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - KPU Surakarta telah menyelesaikan perakitan kotak suara dan penyortiran serta pelipatan surat suara. Hasilnya, sebanyak 147 kotak suara Pemilu 2019 dan 11.655 surat suara Pilpres ditemukan dalam kondisi rusak.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, untuk kerusakan kotak suara maupun surat suara telah dilaporkan ke KPU RI agar segera dikirim gantinya.



“Kerusakan surat suara dan kotak suara sudah kami laporkan ke KPU RI, nantinya penggantian segera dikirim," katanya saat ditemui solotrust.com di kantor KPU Surakarta, Selasa (5/3/2019).

Sementara untuk penggantiannya, kata Nurul, bakal dikirim bersamaan dengan dua logistik Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Kelas I A Surakarta dan RSJD Surakarta.

Dijelaskan Nurul, kerusakan pada surat suara terdapat pada kesalahan saat pencetakan, seperti adanya noda, gambar tidak rata, dan ada pula yang kotor. Sedangkan, kotak suara ditemukan rusak lebih pada bagian sudut-sudut kotak suara.

“Kalau untuk surat suara kebanyakan rusak pada proses cetak yang salah, untuk kotak suara rusak karena proses pengirimannya,” jelas Nurul.

KPU Surakarta menerima sejumlah 430.439 surat suara Pilpres 2019 pada Februari lalu. Sedangkan total kotak suara berjumlah 8.715 dengan kerusakan sejumlah 147 buah. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »