Hard News

Hari Pertama Penyortiran, KPU Sukoharjo Temukan Surat Suara Rusak

Jateng & DIY

5 Maret 2019 14:29 WIB

Surat suara Pilpres 2019. (solotrust-nas)

SUKOHARJO, solotrust.com – KPU Sukoharjo menemukan sejumlah surat suara rusak pada hari pertama penyortiran, Selasa (5/3/2019). Pelipatan dan penyortiran dilakukan di Pendopo KPU Sukoharjo.

Dari hasi penyortiran yang dilakukan hari ini, ditemukan sejumlah surat suara yang rusak di antaranya adanya noda tinta pada gambar paslon.



Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, untuk surat suara yang rusak itu nantinya akan dilaporkan ke KPU Jawa Tengah serta PT Balai Pustaka Persero Jakarta untuk minta penggantian surat suara.

Pelipatan ini berlangsung selama dua hari dengan melibatkan 75 warga. Mereka terbagi menjadi  tujuh kelompok. Saat pelipatan berlangsung terlihat sejumlah aparat kepolisian dari Polres Sukoharjo. Di lokasi yang sama juga tampak hadir beberapa personel dari Bawaslu Sukoharjo.

“Untuk pengawasan kita melibatkan staf dan karyawan KPU, dibantu dari teman-teman Bawaslu dan Polres Sukoharjo,” kata Nuril Huda.

Surat suara tiba di Sukoharjo pada Senin (4/3/2019) dengan diangkut menggunakan mobil boks. Paginya KPU langsung mengerahkan relawan untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Capres dan Wapres. (nas)

(way)