Selasa , 12 November 2019

Wujudkan KLA, Pemkot Surakarta Gelar Deklarasi Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak

04 Maret 2019 14:31 WIB


Pembacaan deklarasi Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak di Halaman Balai Kota Surakarta, Senin (4/3/2019)

SOLO, solotrust.com - Pemkot Surakarta menggelar deklarasi Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak di sela upacara di Halaman Balai Kota Surakarta, Senin (4/3/2019) pagi.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Deklarasi dibacakan oleh perwakilan petugas puskesmas dan kepala sekolah serta disaksikan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo.



Dalam deklarasi Sekolah Layak Anak, ada tujuh poin yang menjadi komitmen bersama. Antara lain meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lalu menjamin proses pembelajaran di sekolah berjalan aman, nyaman, menyenangkan, serta mencerdaskan dan melindungi anak dari kekerasan fisik, mental, penelantaran atau bentuk kekerasan lainnya.

Sementara untuk deklarasi Puskesmas Layak Anak ada lima poin yang menjadi komitmen, di antaranya menyediakan pelayanan yang ramah anak, kemudian sarana, prasarana dan lingkungan yang ramah anak serta menjadikan SDM (tenaga medis, paramedis dan non medis) yang ramah anak.

Achmad Purnomo mengatakan, petugas puskesmas maupun tenaga pendidik sebagai pelayan masyarakat wajib memberikan yang terbaik dalam melayani anak-anak di Kota Bengawan.

Menurutnya, dari tujuh poin deklarasi Sekolah Ramah Anak yang utamanya adalah menjadikan anak bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Kata dia, jika berhasil satu poin utama itu maka poin yang lain akan terlaksana dengan sepenuhnya.

"Semua poin penting, namun saya ingatkan agar deklarasi nomor satu, mohon itu digarisbawahi betul dan dilaksanakan agar anak-anak kita takwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya saat memberi sambutan.

Sementara terkait deklarasi Puskesmas Ramah Anak, melalui hal itu ia berharap ke depan, anak-anak Kota Solo sehat jasmani dan rohani, serta nyaman jika berobat ke puskesmas.

"Luar biasa deklarasi ini tujuannya agar anak-anak kita di Kota Surakarta tidak takut berobat di puskesmas bahkan merasa berbahagia karena semua fasilitas dan perlengkapan semuanya ramah anak," ujarnya. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »

6 Agustus 2018 16:03 WIB

Kota Solo Menuju Kota Layak Anak