Kamis , 17 Oktober 2019

Drake Raih Predikat Artis Rekaman Terlaris 2018 Versi IFPI

1 Maret 2019 15:05 WIB


Drake (Foto: Instagram Drake @champagnepapi).

Solotrust.com - International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) yang merupakan organisasi yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia mengabarkan via wesbite resminya pada Selasa (26/2/2019) bahwa Drake menempati peringkat pertama sebagai artis rekaman terlaris pada tahun 2018.

Predikat yang diberikan pada Drake ini mengikuti kesuksesan global album kelimanya "Scorpion", termasuk trek seperti "God's Plan", "Nice for What" dan "In My Feelings".



Dirilis pada Juni 2018, album dobel berisi 25 lagu tersebut memecahkan sejumlah rekor global pada minggu pertamanya. "Scorpion" juga merupakan album pertama yang mencapai satu miliar streaming di semua platform di seluruh dunia.

Menurut Apple Music, album tersebut mencapai nomor satu di 92 negara. Sebelum "Scorpion" rilis, salah satu treknya yakni "God's Plan" yang dirilis pada Januari juga memecahkan rekor streaming hari pertama di Spotify dan Apple, dengan lebih dari 14 juta kali streaming.

Sebelum menerima predikat tersebut pada tahun ini, Drake sebelumnya sudah pernah mendapatkannya juga pada tahun 2016. Dengan itu, hingga saat ini Drake menjadi satu-satunya artis yang menerima predikat tersebut lebih dari satu kali.

Sebelumnya, penerima predikat tersebut adalah One Direction (2013), Taylor Swift (2014), Adele (2015), Drake (2016) dan Ed Sheeran (2017).

 “Drake yang telah memenangkan penghargaan ini untuk kedua kalinya merupakan bukti dari daya tarik globalnya yang berkelanjutan dan kemampuannya untuk terlibat dan terhubung dengan para penggemarnya," kata Frances Moore, chief executive IFPI.

Selain Drake, IFPI juga merilis 9 nama artis rekaman terlaris lain selama 2018. Secara urut dari peringkat ke-2 sampai ke-10 ditempati oleh BTS, Ed Sheeran, Post Malone, Eminem, Queen, Imagine Dragons, Ariana Grande, Lady Gaga, dan Bruno Mars.

IFPI merilis peringkat tersebut berdasarkan data yang mencakup penjualan album dalam format digital, CD, dan vinyl; single baik fisik maupun unduh; dan juga jumlah streaming sepanjang tahun 2018. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »