Hard News

Kementan Desak Bulog Cepat Serap Gabah Petani Sesuai HPP

Jateng & DIY

27 Februari 2019 17:06 WIB

Rapat Koordinasi Serap Gabah di Ruang Aula Transit Kodim 0725/Sragen. (Dok Pendim Sragen)

SRAGEN, solotrust.com – Kementerian Pertanian (Kementan) mendesak Bulog untuk cepat menyerap gabah petani sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Hal itu disampaikan Dirjen Tanaman Pangan Kementan Sumarjo Gatot Irianto saat Rapat Koordinasi Serap Gabah (Sergab) di Ruang Aula Transit Kodim 0725/Sragen, Selasa (26/2/2019).

Gatot menekankan agar program Sergab harus berjalan dan Bulog bisa mengambil peran lebih untuk menunjukkan kehadiran negara di kalangan petani yang mulai panen raya padi.



"Petani yang sudah bekerja keras jangan disakiti, dengan membiarkan gabah yang dipanen harganya anjlok. Kita harus hadir untuk membela dan membantu petani, agar petani mendapat keuntungan dari usahanya. Ini harus kita lakukan,” ujarnya.

Ia menilai, dengan Bulog menyerap cepat gabah petani, petani dapat kembali melakukan penanaman dengan cepat karena telah memperoleh modal dari hasil penjualannya yang tinggi sesuai HPP.

"Jangan sampai malah tengkulak yang bergerak cepat yakni dengan memberikan pinjaman modal, pupuk dan benih pada petani yang akhirnya nanti dapat merugikan petani. Karena, hasil panen petani dibeli dengan harga yang sangat rendah," katanya.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Kolonel Inf Suhardi (Katim Sergap Mabesad Wil Jateng), Sarjananto ( Distanbun Prov Jateng), Letkol Kav Luluk Setyanto (Dandim 0725/Sragen), Ismoyo Dwijantoro (Perwakilan Divre Bulog  Jateng),  Eka Rini Mumpuni  Lestari (Kadistan Sragen), M Djazairi (Kadis Ketahanan Pangan Sragen), Titov S ( Kasub Divre lll Bulog Surakarta), Kapten lnf Muayat (Pasi Binwanwil Sterrem 074/Wrt ), AKP Harno (Perwakilan Satgas Pangan Polres Sragen), Pasiterdim 0725/Sragen, Ka Gudang Bulog wil Sragen, Perwakilan mitra Bulog Sragen (Perpadi), Perwakilan Gapoktan, serta Tim Sergap dari anggota Kodim 0725/Sragen.

(way)