Ekonomi & Bisnis

Sasar Pasar di Rusia, Jateng Bakal Kirim Sampel Produk UMKM

Ekonomi & Bisnis

25 Februari 2019 21:08 WIB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, Mohamad Wahid Supriyadi. (Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana mengirimkan sampel produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke Rusia. Langkah itu diambil untuk memperluas pangsa pasar produk UMKM Jateng ke luar negeri.

Ganjar mengungkapkan, UMKM di wilayahnya saat ini tengah diberdayakan dengan kekuatan penuh. Salah satu targetnya memang untuk pangsa pasar luar negeri.



Saat menerima kunjungan Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia Mohamad Wahid Supriyadi di Semarang, Minggu (24/2/2019), ia menerima laporan bahwa beberapa produk Indonesia cukup laku di sana, seperti kerajinan, kesenian, fesyen, dan kuliner.

“Ini adalah kunjungan kedua Pak Dubes di sini. Saya memang tidak ingin cuma kunjungan, tapi apa yang bisa saya bawa ke Rusia. Bisa kita coba beberapa cara. UMKM sekarang kita lagi gas pol. Kalau kita punya klitikan-klitikan mereka pasti suka itu,” ujar Ganjar, dilansir laman resmi Pemprov Jateng.

Terkait rencana pengiriman ke Rusia, setelah pendataan selesai, pihaknya bakal mengirimkan beberapa sampel produk untuk menguji tingkat ketertarikan.

“Segala sesuatu yang memungkinkan, kalau bisa kita kirim sampel dulu. Kita pastikan dulu kita mau bicara kerja sama apa, yang menguntungkan kedua negara. Termasuk kesenian. Pada saat kita mau tanda tangan, harus ada tim advance yang menyiapkan. Kita punya potensi dan kapasitas ini, cocok atau tidak. Nah setelah itu kerja sama apa langsung go,” tandasnya.

(way)