Jumat , 23 Agustus 2019

Rangkaian Acara Haul ke-9 Gus Dur di Solo, Panitia Undang Jokowi

21 Februari 2019 20:00 WIB


Ketua Panitia Husein Syifa saat Jumpa Pers Haul ke-9 Gus Dur. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com – Pelaksanaan Haul ke-9 Kanjeng Pangeran Ario (KPA) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) bakal dipusatkan di Kota Solo selama dua hari berturut-turut mulai Jumat (22/2/2019) hingga Sabtu (23/2/2019). Panitia menyiapkan beberapa kegiatan besar dalam Haul dan srawung kebangsaan tokoh pluralisme itu.

Ketua Panitia Husein Syifa mengatakan, ada empat agenda besar yang akan dilaksanakan, pertama bedah buku Gus Dur Islam Nusantara dan Kewarganegaraan Bhinneka yang diselenggarakan di Aula Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta pukul 13.00-15.00 WIB pada Jumat (22/2/2019).



Kemudian, malam harinya dilangsungkan Dialog Kebangsaan berkolaborasi dengan kegiatan Cap Go Meh yang akan digelar di Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta pukul 18.00 WIB.

“Dalam acara bedah buku, putri bungsu Gus Dur Inayah Wulandari Wahid akan menjadi pembicara bersama Ahmad Suaedy. Sedangkan dalam Dialog Kebangsaan Cap Go Meh akan diisi Sinta Nuriyah Wahid untuk memberikan wawasan kebangsaan,” kata Husein dalam jumpa pers di sebuah restoran di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Kamis (21/2/2019).

Kemudian, pada Sabtu (23/2/2019) mulai pukul 09.00 -12.00 WIB ada diskusi bertema ‘Mbabar Pitutur Kamanungsan Gus Dur’ yang digelar di Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta dengan pembicara Muhammad AS Hikam, Wahyudi Muryadi, dan Muhammad Dian Nafi.

Dilanjutkan siang harinya, pada pukul 13.00 dilaksanakan Kirab Kebangsaan dengan jumlah peserta 101 ribu orang dari kalangan masyarakat umum, santri, instansi pemerintahan dan swasta, organisasi masyarakat, TNI/Polri, dan Forum Komunikasi Umat Beragama. Kirab tersebut akan menempuh rute start dari Stadion Manahan, dan finis di Stadion Sriwedari.

“Setiap peserta mengibarkan satu bendera merah putih dan diperbolehkan mengenakan ikat kepala atau pita bernuansa merah putih,” kata dia.

Sedangkan, untuk puncak kegiatan Haul Gus Dur akan dipusatkan di Stadion Sriwedari pada Sabtu (23/2/2019) pukul 19.00 WIB yang dihadir lebih kurang 50 ribu jemaah. Dalam acara itu, panitia turut mengundang mantan Wali Kota Surakarta yang sekarang menjadi Presiden RI Joko Widodo. Selain itu juga acara akan diisi oleh Mahfud MD dan keluarga Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid dan Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid.

Di samping itu, ada sastrawan dan budayawan KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), Ngatawi Al-Zastrow, hingga tokoh budayawan dan lintas agama.

“Untuk hiburan akan ada hadrah gabungan santri Kota Surakarta, hadrah Polresta Surakarta, dan paduan suara UNU Surakarta,” jelas dia.  (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com