Serba serbi

J-Hope, Harapan, dan ARMY, Ketika Idola dan Fans Berpadu dalam Donasi-donasi Penuh Makna

Musik & Film

19 Februari 2019 23:47 WIB

J-Hope BTS (Foto: Twitter BTS)

SOLO, solotrust.com - Bagi para penggemar BTS, kata-kata "i'm your hope, you're my hope" atau "aku adalah harapanmu, kamu adalah harapanku" dari J-Hope tentu tak asing lagi.

Melalui kata-kata tersebut, J-Hope mencoba menyampaikan bahwa dia dan para penggemarnya saling menjadi harapan bagi satu sama lain. Dengan gayanya yang selalu ceria dan bersemangat pula, J-Hope seakan memberikan pesan harapan dan positif kepada seluruh penggemarnya.



Sesuai dengan namanya, J-Hope,  yang mana Hope adalah kata dalam Bahasa Inggris yang berarti harapan, kegiatan filantropi pun kerap ia lakukan untuk memberi harapan bagi anak-anak muda dalam menggapai impiannya. Dan ternyata, harapan tersebut juga didukung oleh para penggemarnya, di mana mereka juga melakukan kegiatan filantropi serupa.

Selain kampanye "Love Myself" dengan anggota-anggota BTS yang lain, J-Hope diketahui telah memberikan sejumlah donasi yang bermakna bagi anak-anak muda.

Pada kalender Season’s Greeting BTS tahun ini, J-Hope juga diketahui menulis bahwa dia akan mencoba untuk berdonasi.

Tepat pada hari ulang tahunnya kali ini yang jatuh pada 18 Februari, J-Hope mendonasikan dana sebesar 100 juta Won (sekitar Rp1,25 miliar) untuk anak-anak kurang mampu dari almamaternya melalui ChildFund Korea. Sebelumnya, ia juga pernah mendonasikan dana sebesar 150 juta Won (sekitar Rp1,87 miliar).

Dana tersebut akan digunakan untuk membantu siswa-siswa kurang mampu yang menempuh pendidikan seni, musik, dan olahraga di almamaternya agar cita-cita mereka bisa tergapai.

Dalam merayakan ulang tahun J-Hope ini, ARMY pun melakukan sejumlah donasi yang bermakna di berbagai negara di dunia.

Dikabarkan Soompi dari Newsen & The Korea Herald, Senin (18/2/2019), pada 14 Februari 2019, ARMY Korea Selatan menyumbangkan 129 kantong beras senilai sekitar Rp41 juta untuk warga kurang mampu di Gwangju, kota kelahiran J-Hope. Selain itu, ARMY juga memberikan makanan anjing sebanyak 700 kg untuk 2 selter bagi anjing-anjing terlantar di Korsel. ARMY juga meranjut topi yang hangat untuk bayi-bayi yang baru lahir agar terhindar dari hipotermia.

Tak hanya itu, ARMY juga bekerja sama dengan KFHI (Korea Food for the Hungry International) untuk sebuah proyek bernama “Hope On The Stop Hunger”, yang bertujuan membantu anak-anak kelaparan di 53 negara. Saat ini, ada sekitar 500 ARMY dari 17 negara yang telah berkontribusi dalam proyek tersebut.

J-Hope kerap membuat video tarian yang diberi judul "Hope On The Street". Jika dilihat, nama program pengentasan kelaparan tersebut senada dengan judul konten J-Hope.

Tak hanya ARMY dari Korea Selatan yang memberikan sejumlah donasi bermakna, ARMY dari negara lain pun melakukan hal serupa.

Di Peru, ARMY mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu yang memiliki bibir sumbing untuk bisa tersenyum kembali.

ARMY Peru mengatakan bahwa proyek tersebut terinspirasi dari J-Hope yang dikenal dengan senyumnya yang ceria dan disebut dengan "Ikon positif". ARMY Peru diketahui berhasil mengumpulkan dana sekitar $4.000 (sekitar Rp56 juta) untuk biaya operasi 14 anak.

Lain lagi di Amerika Serikat, ARMY membuat proyek bernama “Operation Just Dance” untuk membantu siswa-siswa bertalenta dari keluarga kurang mampu untuk mencapai mimpi mereka, dengan memberikan biaya latihan untuk belajar menari. J-Hope memiliki lagu berjudul "Just Dance" yang rilis dalam album "Love Yourself: Answer".

Di Vietnam, ARMY mendonasikan 15.000 buku catatan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Sebagai tambahan, ARMY dari Cina, Chili dan Eropa juga mendonasikan pohon untuk ditanam dan juga donasi guna melindungi hewan yang terancam punah.

Jika ditotal, ada sekitar 35 proyek donasi yang dilakukan ARMY dari seluruh dunia dalam merayakan ulangtahun J-Hope tahun ini.

Ya, bukan hanya sebuah nama, namun J-Hope telah memberikan harapan bagi anak-anak muda untuk menggapai mimpi-mimpinya melalui donasi-donasi yang bermakna.

Tak hanya itu, J-Hope dengan karakternya yang ceria dan kemampuan dance-nya yang mumpuni pun telah menginspirasi ARMY dari berbagai negara untuk melakukan sesuatu bagi lingkungannya. (Lin)

(way)