Sabtu , 19 Oktober 2019

UNISRI Gelar Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Bagi Ormawa

18 Februari 2019 20:06 WIB


Suasana kegiatan LKMM Ormawa Unisri di Tawangmangu.

SOLO, solotrust.com - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar LKMM (Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa), di Hotel Pondok Sari 1 Tawangmangu, Karanganyar, selama tiga hari 15 hingga 17 Februari 2019.

Ketua Pelaksana, Sri Welas Asih mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan LKMM ini adalah untuk membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa). Dengan pola yang diterapkan dalam pelatihan tersebut menggunakan pendekatan melaui diskusi, simulasi, presentasi, yang dikemas secara atraktif dan komunikatif.



"Agar dapat mengelola organisasi, menyusun program kerja dan menyelenggaraan kegiatan secara  efektif," ujar Sri kepada solotrust.com, Senin (18/2/2019)

Sri menjelaskan, kegiatan itu diikuti 50 peserta yang terdiri dari para pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan lembaga mahasiswa terkait dari 6 fakultas yang ada dilingkungan Unisri.

"LKMM ini terjadwal dan dilakukan secara berkesinambungan," katanya

Selama tiga hari itu mahasiswa diberikan materi berupa SOP (Standar Operasional Prosedur), AD/ ART Organisasi, Perumusan gagasan awal dan penjabaran rencana kerja (perumusan gagasan, teknik penyusunan proposal, teknik pembuatan laporan, dan kepanitian).

Kemudian, Administrasi keuangan (anggaran pendapatan organisasi, anggaran belanja organisasi dan laporan keuangan organisasi), Konsep diri dan mental mahasiswa (pembinaan karakter dan kepribadian, pengendalian konflik dan anti radikalisme di kampus),

"Begitu pula tentang Public speaking (media dan public speaking, bermitra dengan media), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Administrasi persuratan seperti (definisi surat, bentuk-bentuk surat, fungsi surat, prosesur dan alur persuratan di Unisri, tata cara pengarsipan surat dan laporan pertanggung jawaban) dan di hari terakhir mahasiswa diajak outbound sebagai refreshing dan evaluasi selama awal kegiatan sampai akhir," bebernya

Wakil Rektor Bidang III, Dr. Sutoyo, M.Pd, menambahkan, agar seluruh pengurus ormawa di lingkungan Unisri mampu mengelola program dan kegiatan yang telah diagendakan secara  efektif dan efisien.

"Kami harapkan setelah menempuh pelatihan LKMM ini, peserta mampu menerapkan ilmunya, baik di dalam berorganisasi di kampus, maupun di luar kampus, sekaligus sebagai bekal saat memasuki dunia kerja," pungkas dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »