Hard News

Di Prambanan Ada Kampung Jokowi, Satu Rumah Dicat Warna Merah

Jateng & DIY

18 Februari 2019 06:36 WIB

Kampung Jokowi.

KLATEN, solotrust.com- Ribuan orang di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Minggu,(17/2/2019) pagi mengikuti jalan sehat sekaligus deklarasi dukung calon presiden pasangan Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin (Amin) di desa setempat.

Sebelum melakukan jalan sehat mereka berkumpul di lapangan Desa Joho. Dalam jalan sehat itu, mereka mengelilingi kampung Jokowi kurang 2,5 kilometer dengan mengalunkan yel yel Jokowi Presidenku, Jokowi menang.



Pantauan di lokasi kampung Jokowi di Desa Joho tersebut, nampak sejumlah pagar, pos kampling, rumah, gapura terdapat tulisan dukungan terharap cawapres nomer 01 serta gambar banteng moncong putih.

Bahkan ada salah satu rumah sebagai posko kampung Jokowi, nampak tembok depan dicat warna merah dan bergambar sebelah kanan Jokowi-Amin dan sebelah kiri Presiden pertama Ir Soekarno.

Ketua Kampung Jokowi di Desa Joho, Prambanan, Aris Widiarto mengaku, warga di desa setempat mengiginkan adanya deklarasi mendukung Jokowi-Amin jadi presiden. Selain deklarasi, warga meresmikan kampung yang bernama Kampung Jokowi.

"Ini membudayakan pemilu yang penuh keceriaan, kegembiraan. Sehingga tidak perlu diantara kita ini menebar kebencian. Meskipun beda pilihan kita tetap bersahabat, kita tetap rukun," kata Aris kepada wartawan, Minggu (17/2/2019).

Menurut Aris, dengan pemilu ini tentunya secara bersama sama memandang sesuatu yang indah. Kata dia, bila ada kubu 02 atau 01 tersebut justru sebagai potensi sebagai ajang pemersatu warga.

"Ya, dengan adanya kampung Jokowi ini masyarakat Joho mengeluarkan komitmennya untuk mendukung pasangan Jokowi-Amin," kata dia.

Dengan adanya kampung Jokowi ini, pihaknya berharap bisa menjadi kampung wisata politik yang belum dimiliki oleh desa-desa lainnya. Cara ini akan membuat warga lebih mengerti apa itu pemilihan presiden atau berpolitik dengan ceria.

"Pemilu ini tidak perlu gontok gontokan,namun mari kita sambut dengan senyum," tandasnya.

Warga setempat, Johari (54) mengaku, terbentukanya kampung Jokowi ini cukup terkesan dalam pilpres tahun ini. Menurutnya, memberikan dukungan terhadap Jokowi suatu kebanggan, sebab, Jokowi sendiri sudah teruji kemampuannya serta sudah terbukti.

"Ini kampung Jokowi. Di sini sudah sepakat mendukung pasangan Jokowi. Di sini sekitar 2000 lebih warga mendukung Jokowi," pungkasnya. (Jaka)

(wd)