Hard News

Pimpin Upacara HUT ke-274 Kota Solo, Wali Kota Harapkan Wasis Wargane Raharja Kuthane

Jateng & DIY

17 Februari 2019 15:32 WIB

Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam upacara HUT Kota Solo ke 274 di Stadion Sriwedari

 SOLO, solotrust.com – Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menjadi inspektur dalam upacara peringatan Hari Jadi ke-274 Kota Solo yang berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (17/2/2019) pagi. Upacara diawali dengan persembahan Tarian Puspo Warno Nagari yang menceritakan tentang keberagaman dan akulturasi budaya yang ada di Kota Solo. Tarian itu disuguhkan dengan apik dan mengundang decak kagum seluruh peserta upacara.

Dalam upacara HUT ke-274 Kota Solo kental dengan nuansa kejawen, baik wali kota maupun para peserta yang hadir mengenakan busana beskap kejawen, yang terdiri dari Muspida Kota Surakarta, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, hingga pelajar. Upacara yang dilaksanakan dengan bahasa Jawa itu pun berlangsung khidmat.



Dalam amanatnya, Wali Kota menyampaikan, dalam menginjak di tahun ke 274 ini, Kota Solo mengusung tema “Wasis Wargane, Raharja Kuthane” yang mengandung harapan agar Kota Solo menjadi raharja, maka warga Solo harus mempunyai sifat wasis dalam segala terutama yang menyangkut nilai-nilai kehidupan dan budi pekerti.

“Kota Solo sebagai peninggalan leluhur merupakan sebuah pusaka. Sebagai “kota Pusaka” yang berjiwa budaya harus dilestarikan sebagai punjering kabudayan Jawi (pusat kebudayaan Jawa),” ujar Rudy di hadapan ribuan peserta upacara.

Dalam momentum peringatan Hari Jadi Kota Solo ke 274, juga menandai dirinya dengan Wakil Wali kota Achmad Purnomo telah genap 3 tahun melayani warga Solo, semenjak dilantik menjadi Wali Kota/Wakil Wali Kota periode 2016-2021.

 “Kami berdua mohon dukungan dari birokrasi pemkot Surakarta dan masyrakat untuk melanjutkan pembangunan dalam mewujudkan program 3WMP (Wasis,Waras, Wareg, Mapan, Papan),” jelas Rudy.

Menurut Rudy, saat ini Kota Solo terkenal tidak hanya di Indonesia namun juga dunia internasional. Disampaikan dia, selama tahun 2018, Kota Solo mendapat  berbagai  penghargaan, baik tingkat nasional maupun regional.

 “Jika di birokrasi Wali Kota memantapkan 5 Mantap maka kepada warga Solo Walikota menggalakkan 5 Budaya. Jika 5 Mantap dan 5 Budaya ini dapat berjalan bersama, saling melengkapi, maka saya yakin Kota Sala akan semakin terkenal,” pungkas Rudy dalam akhir sambutannya. (adr)

(wd)