Rabu , 23 Oktober 2019

Pemprov Jateng Segera Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi di 3 Kabupaten

15 Februari 2019 08:05 WIB


Perbaikan jalur evakuasi Merapi di Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Klaten, Juli 2018. (solotrust.com/jaka)

SEMARANG, solotrust.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan memperbaiki jalur evakuasi Gunung Merapi. Perbaikan itu segera dilakukan di jalur evakuasi di tiga kabupaten.

Tiga kabupaten tersebut yakni Magelang, Klaten, dan Boyolali. Jalur evakuasi Merapi di daerah tersebut dinilai mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain karena hujan yang terus mengguyur kawasan itu, juga diakibatkan oleh aktivitas penambangan yang over dimention and over load (ODOL).



Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta agar bantuan keuangan provinsi diarahkan untuk perbaikan jalur di tiga kabupaten tersebut. Dengan kondisi Merapi yang kini tengah berada dalam status Waspada, perbaikan dinilai penting jika suatu saat terjadi erupsi.

“Perbaikan akan segera dilakukan. Nanti yang mengerjakan daerah setelah bantuan keuangan sudah cair,” kata Ganjar usai Rapat Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jateng di Semarang, Rabu (13/2/2019).

Aktivitas vulkanis Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jateng terus meningkat. Sepanjang Senin (11/2/2019) petang hingga Selasa (12/2) pagi terjadi sebanyak 30 kali guguran, dengan jarak luncur terjauh 700 meter.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »